Faktor yang Mempengaruhi Ibu Hamil Melakukan Kunjungan Antenatal Care

Novalia Widya Ningrum

Abstract


Latar Belakang: Pelayanan kesehatan selama kehamilan merupakan hal yang penting bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Penyebab kematian tersebut karena kurang optimalnya pelayanan kesehatan selama masa kehamilan. Berbagai hal yang mempengaruhi pelayanan antenatal; pengetahuan,umur,pekerjaan,paritas,letak geografis tempat tinggal dan motivasi baik dari ibu ataupun lingkungan yang diteliti d Puskesmas X.

Tujuan Penelitian: Menganalisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ibu hamil Melakukan Kunjungan Antenatal Care di Puskesmas X.

Metode : Penelitian menggunakan observasional kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel adalah ibu hamil TM III yang berada di wilayah kerja Puskesmas Takisung bulan April-Juni 2017 berjumlah 224 orang, di ambil dengan sampel minimal 30 orang. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling, dianalisis menggunakan  uji Chi-square.

Hasil : Analisis uji Chi-square  Faktor usia (p= 0,456 > α= 0,10) dan pengetahuan Ibu hamil TM III (p=0,926> α = 0,10, maka tidak adanya pengaruh umur dan pengetahuan terhadap kunjungan ANC. Faktor pekerjaan (p= 0,046 < α = 0,10), jumlah paritas (p=0,068 < α = 0,10), letak geografis (p=0,005 < α = 0,10), motivasi (p=0,001< α = 0,10),maka adanya pengaruh faktor pekerjaan, paritas, letak geografis dan motivasi  terhadap kunjungan ANC.

Simpulan: Faktor pekerjaan,jumlah paritas, letak geografis tempat tinggal, motivasi berpengaruh pada ibu hamil TM III dalam melakukan kunjungan Antenatal Care.

 

Kata Kunci : Antenatal Care, letak geografis, motivasi, paritas, pekerjaan, pengetahuan, umur.


Full Text:

FULL TEXT PDF


DOI: https://doi.org/10.33859/psmumns.v0i1.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.