Analisis Kepuasan Pasien Peserta BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Asuhan Persalinan di RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin

Zulliati Zulliati

Abstract


Latar Belakang: Program BPJS merupakan sarana bagi masyarakat untuk mendapatkan jaminan kesehatan berupa pembiayaan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar dalam hal ini program BPJS untuk Kesehatan Ibu dan Anak khususnya pertolongan persalinan.

Tujuan: yaitu untuk menganalisa Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang telah diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Aspek kualitas pelayanan yang meliputi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy dapat digunakan sebagai gambaran melihat sejauh mana kepuasan pasien dalam menerima pelayanan yang diberikan.

Metode: yang digunakan dalam penelitian ini adalah potong silang dengan Uji Rank Spearman dan path analisys untuk menganalisis pengaruh tiap subvariabel. Sampel pada penelitian ini adalah ibu bersalin peserta BPJS di ruang bersalin RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh, dengan jumlah 99 orang.

Hasil:  Hasil penelitian yang dilakukan yaitu terdapat pengaruh kualitas pelayanan pertolongan persalinan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS dengan hasil skor kepuasan gabungan yaitu  74.7% yang berarti variabel kualitas pelayanan pertolongan persalinan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS dapat diintepretasikan puas untuk keseluruhan pelayanan yang diberikan. Hasil uji analisis jalur subavariabel yang paling dominan secara statistik mempengaruhi kepuasan pasien peserta BPJS adalah pada subvariabel tangible (bukti langsung) dengan total kontibusi sebesar 31.42%. dan pengaruh yang paling kecil yaitu terdapat pada variabel empathy (empati) yaitu dengan total kontribusi sebesar 9.08%.

Simpulan: terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan pertolongan persalinan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS, dengan subvariabel yang paling berpengaruh yaitu pada subvariabel tangible.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pertolongan Persalinan, Kepuasan Peserta BPJS Kota Banjarmasin.

Full Text:

FULL TEXT PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia 2014. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2015.

Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI. 2012.

Pusat Data dan Informasi Kemeneterian Kesehatan RI. Situasi Kesehatan Ibu. Jakarta: InfoDATIN. 2013

Aulia Puti. Polemik Kebijakan Integrasi Jaminan Kesehatan Daerah ke Sistim Jaminan Kesehatan Nasional. JKMA. 2014. Hlm 93-4

Parasuraman A, Zeithaml, Berry. SERVQUAL, 12 Manage the Executive Fast Track. 2008.

Kotler P. Manajemen Pemasaran. Ed 2 Milenium. Jakarta: Pearson Education

Utama Agung. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Sakit Umum Husada Klaten. OPSI. 2003;1(2):96-110

Lovelock CH. Manajemen Pemasaran Jasa. terjemahan agus widyantoro. Jakarta: Indeks. 2011:hlm.2-5,92-9.

Mack. Health Care and Sales: New Strategic For Improving Quality, Client Relation, And Revenue. San Fransisco: Jesey-Bass.Publisher Oxford.2014:70-4.

Rust T. Service Marketing. USA: Harper Collins. 2010:11




DOI: https://doi.org/10.33859/psmumns.v0i1.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.