PENGARUH MOBILISASI DINI TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA PADA PASIEN DENGAN POST OP LAPARATOMI DI RUANG BEDAH UMUM RSUD ULIN BANJARMASIN TAHUN 2018

Rara Wahdiana, Izma Daud, Yenny Mulyani

Abstract


Latar belakang: Laparatomi merupakan salah satu prosedur pembedahan mayor, dengan melakukan penyayatan pada lapisan-lapisan dinding abdomen untuk mendapatkan bagian organ abdomen yang mengalami masalah (perdarahan, perforasi, kanker, dan obstruksi).Mobilisasi dini dapat menunjang proses penyembuhan luka pasien karena dengan menggerakkan anggota badan akan mencegah kekauan otot dan sendi, sehingga dapat mengurangi nyeri dan dapat memperlancar peredaran darah ke bagian yang mengalami perlukaan agar proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mobilisasi dini terhadap proses penyembuhan luka pada pasien laparatomi.

Metode: Rancangan penelitian menggunakan pre-experiment design dengan desain penelitian one group pra-post test design pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Uji statistic yang digunakan uji wilcoxon.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh mobilisasi dini terhadap proses penyembuhan luka pada pasien dengan post op laparatomi di Ruang Bedah Umum RSUD Ulin Banjarmasin dengan nilain p= 0,003.

Kata kunci: Mobilisasi, Proses Penyembuhan Luka, Laparatomi


Keywords


Mobilisasi, Proses Penyembuhan Luka, Laparatomi.

Full Text:

FULL TEXT PDF

References


Carpenito, LJ. (2000) Dalam Sulistiyawati et all, (2012) Efektivitas Mobilisasi Dini Terhadap Proses Penyembuhan Luka Post Operasi Apendisitis : Gombong : Jurnal Keperawatan

Carpenito, L. (2007). Dalam Dyna Puspita Sari. (2017). Pengaruh Mobilisasi Dini Terhadap Waktu Penyembuhan Luka Post Bedah Mayor Di RSU Dr.Soedirman Kebum en. Kebumen.

Kuswantoro et all. 2012. Pengaruh Mobilisasi Dini Terhadap Proses Penyembuhan Luka Dan Lama Hari Rawat Pada Pasien Post Pembedahan Sectio Caesarea Di Ruang Brawijaya Rsud Kanjuruhan Malang. Malang: Majalah Kesehatan Fkub.

Marlitasari (2010) Dalam Meiga Anggraini. 2013. Pengaruh Mobilisasi Dini Terhadap Keberhasilan Penyembuhan Luka Pada Pasien Pasca Operasi Di RS Pkumuhammadiyah Yogyakata. Naskah Publik

Meiga Anggraini. 2013. Pengaruh Mobilisasi Dini Terhadap Keberhasilan Penyembuhan Luka Pada Pasien Pasca Operasi Di RS Pkumuhammadiyah Yogyakata. Naskah Publik.

Nursalam (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Selemba Medika

Puruhito, Bisono.(2014). Etiology of peritonitis and factors predicting the mortality in p eritonitis. National Journal of CommunitMedicine

Rustianawati Y. Efektifitas Ambulasi Dini Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Op Operasi Laparatomi Di RSUD Kudus. JIKK.2013:4(2)1-8

Smeltzer C. Suzanne, Brunner & Suddarth. 2002 dalam Melti Suriya. 2017. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta : EGC.

Suriadi, (2004) Dalam Meiga Anggraini, (2013) Pengaruh Mobilisasi Dini Terhadap Keberhasilan Penyembuhan Luka Pada Pasien Pasca Operasi Di RS Pkumuhammadiyah Yogyakata. Naskah Publik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.