HUBUNGAN USIA DAN LAMANYA TAHANAN TERHADAP PERILAKU SEKSUAL DI LAPAS KELAS II A BANJARMASIN

Ermayanti Ermayanti, Hj. Ruslinawati, Darmayanti Darmayanti

Abstract


Latar Belakang: Terampasnya kehidupan seksual yang normal dari narapidana akan mengakibatkan terjadinya penyimpangan perilaku seksual, dimana penyaluran hasrat seksual dilakukan dalam berbagai cara, dikenal dengan homoseksual, oral seks, anal seks, dan masturbasi di kalangan terpidana.

Tujuan: untuk mengetahui hubungan usia dan lamanya tahanan terhadap perilaku seksual di Lapas Kelas II A Banjarmasin

Metode: Rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian sebanyak 1.740 tahanan pria yang menjalani masa tahanan di Lapas Kelas II A  Banjarmasin dengan sampel 95 orang menggunakan metode Cluster random sampling dan hasil diuji menggunakan uji Chi Square.

Hasil: Penelitian menunjukkan 17 orang dewasa muda (68%) berperilaku seksual tidak normal dan dapat dinyatakan ada hubungan antara usia dengan perilaku seksual di Lapas Kelas II A Banjarmasin.

Simpulan: Penelitian juga mendapatkan hasil ada 13 orang (100%) narapidana berperilaku seksual tidak normal pada rentang lamanya tahanan ≤ 3 bulan, dan hasil uji menunjukkan  ada hubungan antara lamanya tahanan terhadap perilaku seksual di Lapas Kelas II A Banjarmasin.

 

Kata kunci: Lamanya tahanan, perilaku, usia

Keywords


Lamanya tahanan, perilaku, usia

Full Text:

FULL TEXT PDF

References


Dewi Eka Heriana. (2012). Memahami Perkembangan Fisik Remaja. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Fausiah, F & Widyuri, J. (2007). Psikologi Abnormal. Journal of Ui-Press, 9-10.

Poston. (2009). Philosophy and Phenomenological Research. Vol. 79, Issue 3, Pages 743-747, November 2009.

Sandi Ade Gunawati, dkk. (2015). Hubungan Lamanya Masa Tahanan Dengan Perilaku Seksual Narapidana Narkoba Di Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Keperawatan, Volume XI, No. 1, April 2015. ISSN 1907 – 035.

Sarwono. (2012). Penyebab Perilaku Penyimpangan Seksual tersedia dalam https://ahlivital.wordpress.com diakses pada tanggal 12 Januari 2018.

Widyarani. (2010). Urgensi Ruang Intim di Penjara tersedia dalam http://edisicetak.joglosemar.com diakses pada tanggan 12 Januari 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.