ANALISIS HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MENTENG KOTA PALANGKA RAYA

Melisa Frisilia, Nia Pristina

Abstract


Latar Belakang: ASI eksklusif adalah pemberian air susu ibu saja tanpa memberikan makanan dan minuman lain kepada bayi sejak lahir sampai berumur 6 bulan, kecuali obat dan vitamin. Rendahnya proporsi  pemberian ASI eksklusif di kota Palangka Raya masih jauh dari target nasional yaitu 80%, sehingga perlu adanya analisis. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Menteng Kota Palangka Raya

Tujuan: Penelitian untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Ibu Terhadap Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Menteng Kota Palangka Raya.

Metode: Desain penelitian  ini  bersifat kuantitatif analitik observasional dengan menggunakan jenis desain studi penampang analitik (analitic cross sectional), subjek penelitian ini adalah ibu yang  mempunyai bayi berumur 6 bulan sampai dengan 12 bulan sejumlah 82 responden. Data terkumpul dianalisis secara bivariat (chi square) dengan tingkat kepercayaan 95 %.

Hasil: Hasil analisis hubungan antara pengetahuan ibu terhadap pemberian ASI eksklusif diperoleh p value = 0,002 artinya ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu terhadap pemberian ASI eksklusif.

Simpulan: Berdasarkan hasil tersebut diatas, dukungan maupun motivasi ekstrinsik positif yang berasal dari ibu sendiri sangat meningkatkan perilaku ibu dalam memberikan ASI eksklusif.

Kata Kunci: Pengetahuan, ASI eksklusif.

 

 


Keywords


Pengetahuan, ASI eksklusif

Full Text:

FULL TEXT PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.