HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN ADL (ACTIVITY DAILY LIVING) PADA PASIEN STROKE DI RUANG NUSA INDAH RSUD DR. DORIS SYLVANUS PALANGKA RAYA

Septian Mugi Rahayu, Maria Adelheid Ensia, Samiatie Samiatie

Abstract


Latar Belakang: Stroke atau Cerebro Vaskuler Accident (CVA) merupakan gangguan sistem saraf pusat yang paling sering ditemukan dan penyebab utama gangguan aktivitas fungsional individu sehari-hari. Fenomena yang terjadi di lapangan banyak pasien dengan stroke yang dirawat  didampingi oleh keluarga akan tetapi tidak semua pemenuhan kebutuhan ADL (Activity Daily Living) terpenuhi, melainkan pasien masih bergantung pada perawat.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan pemenuhan kebutuhan ADL (Activity Daily Living) pada pasien stroke di ruang Nusa Indah RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya.

Metode: Desain penelitian ini menggunakan desain analitik non eksperimen dengan jenis korelasi dengan metode pendekatan cross-sectional, cara pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 30 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan lembar observasi.

Hasil: Hasil uji Spearman's Rho menunjukkan p value sebesar 0,002, nilai tersebut secara statistik bermakna p ≤ α (p ≤ 0,05) hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yang berarti ada korelasi antara variabel independen dan variabel dependen, nilai korelasi koefisien sebesar r = 0,538 menunjukkan bahwa arah korelasi positif dengan kekuatan korelasi yang kuat.

Kesimpulan: Ada hubungan antara dukungan keluarga dengan pemenuhan kebutuhan ADL (Activity Daily Living) pada pasien stroke. Diharapkan keluarga memberikan perhatian dengan upaya memaksimalkan dukungan terhadap pemenuhan berbagai kebutuhan ADL pada pasien stroke karena keluarga adalah orang terdekat pasien.

Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Aktivitas Sehari-hari (ADL), Stroke.

 

 


Keywords


Dukungan Keluarga, Aktivitas Sehari-hari (ADL), Stroke.

Full Text:

FULL TEXT PDF

References


Arikunto, Syharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Donsu, J. D. T. 2016. Metodolongi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Felpina, dkk. 2017. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kemandirian Lansia Dalam pemenuhan Kebutuhan Sehari-hari Di Posyandu Lansia Permadi Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Jurnal Vol 2, No 3.

Firmawati, dkk. 2016. Tindakan Perawat dalam Pemenuhan Activity Daily Living Pada Pasien Stroke Di Rumah Sakit PKU Muhamamadiyah Yogyakarta.

Leny, R Jhonson R. 2010. Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Nuha Medika.

Lingga. 2013. All About Stroke, Hidup Sebelum dan Pasca Stroke. Jakarta: Elex Media Komputido.

Mare. 2015. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemampuan Perawatan Diri (self Care) pada Pasien Pasca Stroke di Puskesmas Gundih Surabaya.

Murtiyani, N. 2017. Fungsi Kognitif dengan Activities of Daily Living (ADL) pada Lansia. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 1 (1: 235-248).

Notoatmojo. S (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta,EGC.

Nursalam. 2017. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan praktis. Edisi 4 Cetakan Kedua. Jakarta: Salemba Medika.

Rekam Medik. Data pasien rawat inap tahun 2016-2017. RSUD dr. Doris sylvanus Palangka Raya. Kalimantan Tengah.

Riset Kesehatan Dasar. (2013). Pedoman Pewawancara Petugas Pengumpul Data. Jakarta: Badan Litbangkes, Depkes RI, 2007.

Rosiana. 2018.Dukungan Anggota Keluarga dan Activity Of Daily Living (ADL) pada Penderita Post Stroke di Klinik Utama Graha Medika Salatiga. Indonesia Journal On Medical Science. Volume 5 No 1.

Sari, Reni Kuspita. 2014. Kemandirian Pemenuhan Kebutuhan Activity Daily Living (ADL) Pada penderita Stroke di poli syaraf Rumah sakit Abdoer Rahem Situbondo.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Eka Harap. 2018. Panduan Ujian Akhir Program. Palangka Raya.

Yayasan Stroke Indonesia. (2012).Total seluruh Kasus Stroke Iskemik dan Hemoragic. Jakarta: Badan Yankes Indonesia, Depkes RI, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.