GAMBARAN PERILAKU CARING PERAWAT DAN RESPON KECEMASAN PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RUANG ALAMANDA RSUD ULIN BANJARMASIN TAHUN 2019

Ernawati Ernawati, Ismal Fahmi

Abstract


Latar belakang: Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada penderita jantung koroner adalah kecemasan. Tindakan yang dapat dilakukan perawat untuk menurunkan derajat kecemasan pasien penyakit jantung koroner salah satunya ialah dengan menerapkan perilaku caring yang baik. Perawat yang caring berhubungan dengan outcome dari pasien. Caring dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan pasien serta dapat memfasilitasi atau memudahkan dalam promosi kesehatan.

Tujuan: Mengetahui gambaran perilaku caring perawat dan respon kecemasan pasien penyakit jantung koroner di Ruang Alamanda RSUD Ulin Banjarmasin Tahun 2019.

Metode: Jenis penelitian analitik korelasional merupakan penelitian yang bertujuan menganalis hubungan dua variabel yang diduga berhubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penderita penyakit jantung koroner di Ruang Alamanda RSUD Ulin Banjarmasin pada bulan Maret 2019. Seluruh perawat di ruang Alamanda RSUD Ulin Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan sampling accidental. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 5 orang pasien dan 11 orang perawat di ruang alamanda rsud ulin banjarmasin

Hasil: Setelah melakukan penelitian dapat di ketahui bahwa sebagian besar responden mengalami kecemasan dalam kategori sedang (60%). Sebagian besar perawat berprilaku caring cukup baik (54,4%).

Kata kunci: Caring, Kecemasan.


Keywords


Caring, Kecemasan

Full Text:

FULL TEXT PDF

References


Agustin, I, (2012). Perilaku caring perawat dan hubungannya dengan kepuasan klien di instalasi rawat inap bedah dewasa di RS Dr. Muhammad Hoesin Palembang Tahun 2002. Jakarta:Tesis FK UI. Dibuka pada situs:www.lib.ui.ac.id.

Al fajar, Kemal. (2015). Hubungan Aktivitas Fisik dan Kejadian penyakit Jantung Koroner Di Indonesia: Analisis Data RiskedasTahun 2013. Program Sudi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta .Skripsi dipublikasikan.

Anastasia Paputungan. (2018). Hubungan Caring Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Rawat Inap Di Rumah SakitUmum Gmim Pancaran Kasih Manado

Depkes RI. 2013. Petunjuk Pelaksanaan Indikator Pelayanan RumahSakit. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia

Dwidiyanti, M. (2007).Caring :Kunci sukses perawat / ners mengamalkan ilmu. Semarang :PenerbitHasani

Ferry Irawan, (2010). Conceptual Models of Nursing : Analysis and Application. Connecticut : Apple &lange

Friedman, Howards dan Schustack, Miriam. (2010). Kepribadian, teori klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga.

Gaghiwu, L., Ismanto, A. Y., &Babakal, A. (2013).Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Stres Hospitalisasi Pada Anak Usia Todler di IRINA E BLU RSUP OProf. Dr. R. D. Kandou Manado. Ejournal Kep[erawatan (eKp) Volume 1 (1), 1-3

Hastono, P. S. (2010). Statistik Kesehatan. Edisi VI. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Hawari, Dadang. 2011. Manajemen Stres, Cemas, dan Depresi. Jakarta :Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Hermawati, Risa, Asr iCandra Dewi. (2014). Penyakit Jantung Koroner. Jakarta: F Media

Hidayat, A. Aziz. 2009. Metode Penelitian Dan Teknik Analisa Data.Jakarta: Salemba Medika

Isnaeni Nur Ramadhan. 2017. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Caring Dengan Perilaku Caring Perawat PadaPasien Di Ruang Rawat Inap Kelas III Bangsal Barokah Dan Inayah Rs Pku Muhammadiyah Gombong.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.