P Pengaruh Breastcare Dan Pijat Oksitosin Dengan Esenstial Oil Lavender Untuk Peningkatan Produksi Asi Pada Ibu Post Partum Di RSUD Dr.H.Moch.Ansari Saleh The Effect Of Breastcare And Oxytocin Massage With Lavender Essential Oil To Increase Breast Milk Production In Postpartum Mothers At Dr. H.Moch Hospital Ansari Saleh.

Main Article Content

Dwi Luluk Wulandari
Lisda Handayani
Agustina Hotma Uli Tumanggor

Abstract

Latar Belakang : Terhambatnya pengeluaran ASI pada hari-hari pertama setelah melahirkan menjadi masalah terhadap terwujudnya pemberian ASI eksklusif. terhambatnya disebabkan oleh sekresi oksitosin yang sangat berperan dalam kelancaran pengeluaran ASI stimulasi hormon prolaktin dan oksitosin dapat dilakukan melalui breastcare dan pijat oksitosin. Oleh karena itu diperlakukan pemberian breastcare dan pijat oksitosin. Hasil penelitian menujukan bahwa berpengaruh terhadap pengeluaran asi. 


Tujuan : Mengetahui Pengaruh Breastcare dan pijat oksitosin dengan esentsial oil lavender terhadap peningkatan  produksi asi pada ibu post partum.


Metode : Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan rancangan Pretest Posttest Design.  Pada penelitian ini diberikan dua buah perlakuan yaitu diberikan dan tidak diberikan breastcare dan pijato oksitosin pada ibu nifas di RSUD dr. H. M.Ansari Saleh Banjarmasin pada bulan februari 2023 dengan menggunakan purposive sampling. Pengambilan data menggunakan lembar kuesioner. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test.


Hasil : Berdasarkan analisis menunjukan ada pengaruh ibu yang diberiakan breastcare dan pijatan oksitosin dengan esentsial oil lavender. Hasil menunjukkan nilai p-value 0,000< 0,05 maka p-value hipotesis diterima hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh terhadap pengeluaran asi.


Simpulan : Adanya pengaruh setalah diberikan breastcare dan pijat oksitosin dengan esentsial oil lavender pada ibu postpartum di RSUD DR. H.M.Ansari Saleh Banjarmasin

Article Details

How to Cite
Wulandari, D. L., Handayani, L., & Tumanggor, A. H. U. (2023). P Pengaruh Breastcare Dan Pijat Oksitosin Dengan Esenstial Oil Lavender Untuk Peningkatan Produksi Asi Pada Ibu Post Partum Di RSUD Dr.H.Moch.Ansari Saleh: The Effect Of Breastcare And Oxytocin Massage With Lavender Essential Oil To Increase Breast Milk Production In Postpartum Mothers At Dr. H.Moch Hospital Ansari Saleh . Proceeding Of Sari Mulia University Midwifery National Seminars, 5(1). Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/PROBID/article/view/1118
Section
Articles

References

Aisiyah Nor, 2015 Minyak Aromaterapi Lavender sebagai media peningkatan produksi ASI, Stikes Muhammadiyah Kudus

Anggraini,W, Pratiwi,B.A., Sagitarius, N. (2019). Analisis faktor penyebab kegagalan ASI eksklusif pada ibu di Bengkulu. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Bengkulu, 14(3).

Anggraini Y. (2010). Asuhan Kebidanan Nifas. Pustaka Rihima.

Astutik, Y, R. (2015). Asuhan kebidanan ibu nifas dan menyusui. Salemba Medika.

Cox. (2006). ASI Eksklusif. Trans info Media.

Dewi, Vivian Nanny Lia; Sunarsih, T. (2011). Asuhan Kebidanan Ibu Nifas. Salemba Medika.

Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. (2022). Pemberian ASI Eksklusif.

Hamidah, H., & Fitriana, S. (2017). Hipnobreastfeeding Dan Pijat Oksitosin Berpengaruh Terhadap Pengeluaran Kolostrum Pada Ibu Post Partum. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 5(1), 35–42.

Hidayat, A. (2018). Metode Penelitian: Pengertian, Tujuan, Jenis. https://www.statistikian.com/2017/02/metode-penelitian- metodologipenelitian.html

Kemenkes RI. (2019). Hasil Utama Riskesdas 2018.

Kementerian Kesehatan RI. (2017). Pencapaian ASI eksklusif di Indonesia tahun 2016. 1(1),3–184. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/0022-3514.51.6.1173

Kenia, N. M., Dian, T. (2013). Pengaruh Relaksasi (Aromaterapi Lavender).

Lestari, H., I. J. & S. M. (2016). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Kelancaran Produksi Kolostrum pada ibu postpartum di Puskesmas Rasa Bou Kecamatan Huu Kabupaten Dompu. Prima, 85–97.

Maritalia, D. (2014). Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. Pustaka Pelajar.

Marni, W. (2014). Efektifitas Aromaterapi Lavender ( Lavendula Angustifolia) Dan Massage Effleurage Terhadap Tingkat Nyeri Persalinan Kala 1 Fase Aktif Pada Primigravida Di BPS Utami Dan Ruang Bonek RSUD Karanganyar. Stikes Kusuma Husada.

Maryuni, A. (2012). Inisiasi Menyusui Dini, ASI Ekslusif dan Manajemen Laktasi. TIM.

Notoatmodjo, S. (2020). Metodologi penelitian kesehatan. Perpustakaan Nasional RI.

Rahmawati dkk. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Produksi Air Susu Ibu (Asi) pada Ibu Menyusui yang Bekerja. Jurnal Ners Dan Kebidanan.

Roesli, U. & Yohmi, E. (2013). Manajemen Laktasi.

Roesli. (2007). Mengenal ASI Ekslusif. Trubus Agriwidy.

Suryani I. (2016). Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas Dengan Bendungan ASI Di 106 Ruang VII (NIFAS) RSUD Dr. Soekardjo Tasikmalaya. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Ciamis.

Tono S. (2021). Pengaruh Pijat Oksitosin dan Aromaterapy Lavender Terhadap Peningkan Produksi Asi Pada Ibu Post Partum di Wilayah Kerja Puskesmas Batur I Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Kebidanan, 10(2), 33–41. https://doi.org/10.47560/keb.v10i2.295

Walyani. (2017). Perawatan kehamilan & menyusui anak pertama agar bayi lahir dan tumbuh sehat. Pustaka Baru Press.

Walyani, E. & P. (2015). Asuhan Kebidanan Masa Nifas Dan Menyusui. Pustaka Barupess.

WHO. (2017). Exclusive Breastfeeding For Optimal Growth, Development And Health Of Infants. WHO.

Widayanti Wiwin. 2014. Efektivitas Metode “Speos” (Stimulasi Pijat Endorphin, Oksitosin dan Sugestif) terhadap Pengeluaran ASI pada Ibu Nifas. UNDIP

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>