Analisis Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Kesehatan Terhadap Kesetian Pelanggan Bidan Praktek Swasta (BPS) di Kecamatan Martapura Kota

Main Article Content

Isti Qamah

Abstract

Latar Belakang: Masalah kesehatan pokok di Indonesia adalah masalah kesehatan ibu dan anak. Untuk mengatasi masalah ibu dan anak tidak terlepas dari keberadaan bidan sebagai sumber daya manusia pemberi jasa pelayanan yang berkualitas. Pelanggan yang setia yaitu pasien yang bersalin dua kali atau lebih di bidan yang sama hanya 40% saja.

Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kinerja bauran pemasaran dari segi produk, harga/tarif, lokasi dan promosi terhadap kesetian pelanggan Bidan Praktik Swasta di wilayah Martapura.

Metode: Metode yang yang digunakan adalah metode kualitatif dengan penentuan sampel adalah accidental sampling yaitu 80 orang, dan uji hubungan menggunakan uji spearman.

Hasil:  Hasil penelitian ini menunjukkan Ada pengaruh secara simultan dari produk/jasa, tarif/harga, lokasi/tempat, promosi dengan nilai r = 0,774. Hanya satu unsur yang paling berpengaruh terhadap kesetian pelanggan bidan praktik swasta yaitu promosi dengan nilai r = 0,790.

Simpulan : Bidan praktek swasta harus memperhatikan kinerja dari unsur-unsur bauran pemasaran jasa yang digunakan yaitu menawarkan produk yang mempunyai manfaat yang tinggi untuk pelanggan, tarif yang terjangkau dengan pelayanan yang berkualitas, lokasi yang strategis, melakukan program publikasi/promosi untuk memperkenalkan diri,

Kata kunci : Kinerja bauran pemasaran, kesetian pelanggan

 

ABSTRACT

 

Background: The main health problems in Indonesia are mother and child health problems. To overcome the problem of mother and child can not be separated from the existence of midwives as human resources providing quality services. Loyal customers, namely patients who give birth twice or more in the same midwife, only 40%.

Objective: The purpose of this study was to analyze the performance of the marketing mix in terms of product, rates/ price, location and promotion towards the customers loyalty of Midwives Private Practice in the Martapura.

Methods: The method used is a qualitative method with the sample definitions is accidental sampling which is 80 people, and the correlartion test using the spearman test.

Result: The results of this study indicate that there is a simultaneous influence of products / services, rates / prices, location / place, promotion with a score of r = 0,774. Only one of the most influential elements of customer loyalty of midwife private practice is promotion with a score of r = 0.790.

Conclusion: Midwives privat practice must pay attention to the performance of the service marketing mix elements used, namely offering products that have high benefits for customers, affordable price with services quality, strategic locations, and hold publication / promotion programs to introduce themselves,

Keywords: Marketing mix performance, customer loyalty

Article Details

How to Cite
Qamah, I. (2019). Analisis Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Kesehatan Terhadap Kesetian Pelanggan Bidan Praktek Swasta (BPS) di Kecamatan Martapura Kota. Proceeding Of Sari Mulia University Midwifery National Seminars, 1(1), 122–134. https://doi.org/10.33859/psmumns.v0i1.34
Section
Articles

References

Ambarwati, E. 2010. Tugas dan Tanggung jawab Bidan. (diakses hari rabu, 11 Juni 2014. http://enyretnaambarwati.blogspot.com/2010.).

Basu S, 1998. Manajemen Penjualan. Yogyakarta, Penerbit BPFI.

Buchari A, 1998. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2. Bandung, Penerbit Alfabeta.

Depkes, Permenkes RI. 2010. No. hk.02.02/menkes/149/2010 Tentang izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan. Pasal 1. Jakarta.

Depkes. 2010. No. hk.02.02/menkes/149/2010 Tentang izin dan penyelenggaraan praktik bidan. Pasal 8. Jakarta.
Djaslim S. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur – Unsur Pemasaran. Bandung : Penerbit : PT. Linda Karya.

Djaslim S. 2003. Manajemen Pemasaran. Bandung. Penerbit : PT. Linda Karya

Djaslim S. 2003. Intisari Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Penerbit : PT. Linda Karya.

Djaslim S, 2004, Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian). Bandung. Penerbit PT. Linda Karya.

Fandy T, 2006. Pemasaran Jasa. Edisi Pertama, cetakan kedua, Malang. Bayu Media,

Gunawan, Ketut dan Sundring Pantja Djati. 2011. Kualitas Layanan dan Loyalitas Pasien (Studi Pada Rumah SakitUmum Swasta di Kota Singaraja-Bali). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.13 No.1 Maret 2011, Hal 32-39. Universitas Panji Sakti Singaraja. Bali

Harminingtyas Rudika, 2012. Analisis Faktor Pelayanan, Fasilitas, Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Penghuni Perumahan Permata Puri Ngalian Semarang. Jurnal STIE Semarang. Vol 4 No 3. Oktober 2012. Hal 1-8. STIE Semarang.

Henderson. 2001. Buku Ajar Konsep kebidanan. Jakarta : EGC

Hidayat F. 2011. Archive. Retrieved june 11 2014. Form
http://febrinurhidayat.blogspot.com/2011.

Imamah. 2012. Perencanaan Bidan Praktek Mandiri BPM. Diakses 13 mei 2014 (http://imamah03.blogdetik.com/2012).
John D, Jordan EG, 1999. Kamus Istilah Akuntansi. Jakarta. Penerbit : Elex Media Komputindo.

Kotler Philip dan Susanto AB. 2001. Manajemen Pemasaran Di Indonesia. Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Kotler, Philip. Molan. Benyamin. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium, Jilid 2, Jakarta, Penerbit : PT. Prenhallindo.

Moekijat, 2000. Kamus Manajemen. Bandung. Penerbit : CV. Mandar Maju.

Nurmawati. 2010. Mutu Pelayanan Kebidanan. Jakarta. Trans Info Media

Nurjannah siti. 2012. Pengaruh Pelayanan Bidan Delima terhadap kepuasan klien di Wilayah Kecamatan Banyu Manik Kota Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Rhiea, R. 2011. Perencanaan Peningkatan Peningkatan Mutu Pelayanan. (http://rachmarhiea.blogspot.com/2011). (diakses hari sabtu, tanggal 14 Mei 2014.

Ratih H, (2008), Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung. Penerbit : Alfabeta,

Samuel Hatane, 2006. Ekspektasi Pelanggan dan Aplikasi Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Toko Moderen dengan Kepuasan Pelanggan sebagai intervening. (Studi kasus pada Hypermarket Carrefour di Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 1 No. 2. Oktober 2006. hal 53-64. Universitas Kristen Petra. Surabaya

Selang CHD, 2013. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh Mart Bahu Mal Manado. Jurnal EMBA. Vol 1.No.3 Juni 2013. Hal.71-80. Universitas Sam Ratulangi. Manado

Stanton. William J, 1996. Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh, Jilid 1, Jakarta. Penerbit : Erlangga.

Soepardan, Suryani. 2008. Konsep Kebidanan. Jakarta : EGC

Sujiati, Susanti. 2009. Buku Ajar Konsep Kebidanan Teori dan Aplikasi. Jogyakarta : Nuha Medika

Sukirno, S, 2004. Pengantar Teori Makro Ekonomi. Jakarta : Penerbit PT. Raya Grafindo Persada.

Susanto, Herry Dan Wido Damayanti, 2008. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis. No.1, Vol 13. April 2008 Hal 59-67. Universitas Gunadarma. Jakarta