Hubungan Ketuban Pecah Dini (KPD) Terhadap Persalinan Preterm: Literatur Review

Main Article Content

Erni Norhayati
Zulliati Zulliati
Ika Avrilina Haryono

Abstract

Abstrak

 

LATAR BELAKANG Prematuritas  atau  persalinan  preterm  merupakan  persalinan  belum cukup  umur  di  bawah  37  minggu  atau  berat  bayi  kurang  dari  2500  gr. Angka kejadian persalinan preterm pada umumnya adalah sekitar 6 - 10 %. Hanya 1,5 % persalinan terjadi pada umur kehamilan kurang dari 32 minggu 0,5 % pada kehamilan kurang dari 28 minggu. KPD merupakan salah faktor penyebab dari preterm.

TUJUAN Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui adakah hubungan  antara  ketuban  pecah  dini  terhadap  persalinan  prematur.

METODE Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan menggunakan sumber portal garuda dan google schoolar yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan penulis. HASIL Dari 11 artikel yang diteliti terdapat 8 artikel yang menyatakan bahwa ketuban pecah dini (KPD) berhubungan terhadap persalinan preterm dan yang tidak berhubungan ada 3 artikel yang mana artikel tersebut membahas tentang faktor ketuban pecah dini yang lain seperti usia, paritas, pendidikan, hipertensi.

KESIMPULAN Ada hubungan antara ketuban pecah dini (KPD) terhadap persalinan preterm.

 

KATA KUNCI Ketuban Pecah Dini (KPD), Persalinan Preterm, Studi Literatur

 

Article Details

How to Cite
Norhayati, E., Zulliati, Z., & Haryono, I. A. (2022). Hubungan Ketuban Pecah Dini (KPD) Terhadap Persalinan Preterm: Literatur Review. Proceeding Of Sari Mulia University Midwifery National Seminars, 3(1). https://doi.org/10.33859/psmumns.v3i1.694
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>