STUDI LITERATUR DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH

Authors

  • Amalia Islami Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Malisa Ariani Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Dewi Pusparani Sinambela Program Studi Diploma III Kebidanan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia

Keywords:

Dampak Gadget, Perkembangan Kognitif, Prasekolah

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat anak usia prasekolah terpapar gadget pada usia terlalu dini sehingga anak menjadi kecanduan gadget dan berdampak buruk pada perkembangan kognitifnya. Tanpa pengawasan dari orang tua penggunaan gadget tidak hanya berpengaruh pada kognitif anak namun perkembangan anak yang lain juga dapat terhambat.

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah

Metode: Penelitian ini menggunkan metode studi literature dengan kata kunci dampak gadget, perkembangan kognitif, dan prasekolah.

Hasil: Adanya hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah. Kurangnya pengawasan dari orang tua akan memberikan dampak negatif pada perkembangan kognitif anak namun jika gadget digunakan dengan tepat akan meningkatkan kemampuan kognitif anak usia prasekolah

Simpulan: Anak usia prasekolah yang diberikan fasilitas gadget oleh orang tua sangat memerlukan pengawasan ketat agar dampak yang ditimbulkan dari penggunaan gadget tersebut tidak  menjadi negatif sehingga menghambat perkembangan kognitif anak. Oleh karena itu orang tua harus menjadikan gadget sebagai bahan pembelajaran bagi anak agar anak mampu meningkatkan kemampuan kognitifnya.

Kata Kunci: Dampak Gadget, Perkembangan Kognitif, Prasekolah

 

Background: The rapid development of technology makes preschoolers exposed to gadgets at an early age so that children become addicted to gadgets and have a negative impact on their cognitive development. Without parental supervision, the use of gadgets not only affects children’s cognitive, but other development can also be hampered.

Purpose: The purpose of this study is to know how gadgets usage can affect on cognitive development of preschool children

Method: This study uses the literature study method using keywords gadget impact, cognitive development, preschoolers.

Results: There is a correlation between the use of gadgets and the cognitive development of preschoolers. Lack of parental supervision will have a negative impact on children’s cognitive development, but if gadgets are used appropriately it will improve the cognitive abilities of preschoolers

Conclusion: Preschoolers who are given gadget facilities by parents are in need of close supervision so that the impact caused by the use of these gadgets will not be negative, thus hampering children's cognitive development. Therefore parents must make gadgets as learning material for children.

Keywords: Gadget impact, cognitive development, preschoolers

References

Berk. 2012. Developement Through The Lifespan (fifth edition) terjemahan Darmanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi, N. S. 2019. An Analysis of the Impact of the Use of Gadget on Children's Language and Social Development. Advances in Social Scien, Education and Humanities Research, 201-204. [diunduh pada: 25 April 2020]
Dharma, K. K. 2011. Panduan Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. In Metodologi Penelitian Keperawatan.
Dyana, S. 2018. Kesan Penggunaan Gajet Kepada Perkembangan Kognitif dan Sosial Kanak-Kanak Prasekolah. Jurnal Wacana Sarjana, 1-6. [diunduh pada 22 Januari 2020]
Fernandez. 2018. Absorotion of wireless radiation in the child versus adult brain and eye. environmental research, 1-6. [diunduh pada 29 Januari 2020]
Heni, A. J. 2018. Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 330-342. Tersedia pada: DOI: https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.341 [diunduh pada: 14 Mei 2020]
Iswidharmanjaya, D., & Agency, B. 2014. Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan bagi orang tua untuk memahami faktor-faktor penyebab anak kecanduan gadget. In Bisakimia. Tersedia pada: DOI:10.1017/CBO9781107415324.004 [diunduh pada 22 April 2020]
Kominfo. 2018. Jumlah Pengguna Internet 2017 Meningkat, Kominfo Terus Lakukan Percepatan Pembangunan Broadband. Kementrian Komunikasi Dan Informatika.
Mariskhana, K. 2017. Pengaruh Televisi dan gadget Terhadap Prestasi Belajar Anak. Jurnal Perspektif, 130-135.
Mayar, F. 2013. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. AL Talim, 459.
Mayenti, F. &. 2018. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan. Jurnal Photon, 209. [diunduh pada: 13 April 2020]
Nuredah. 2016. Peran Orang Tua Dalam Penanggulangan Dampak Negatif Handphone Pada Anak. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rullyana, d. 2018. Efektivitas Pembelajaran Komputer Model Games Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Lingkup Perkembangan Konsep Bentuk, Warna Dan Ukuran. Edutech, 375-390. [diunduh pada: 7 Juli 2020]
Saroinsong, d. 2020. Boosting Kognitif pada Anak: Diseminasi Survey Domino Konvensional vs Domino Digital. Journal Golden Age, 112-127. [diunduh pada" 8 Juli 2020]
Setianingsih. 2018. Dampak Penggunaan gadget pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatkan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. Gaster Vol. XVI, 191-205. Tersedia Pada: DOI: 10.30787/gaster.v16i2.297 [diunduh pada 26 Mei 2020]
Silva, A. P. 2017. Duration of watching TV and child language development in young children. Paediatrica Indonesiana, 99-103. Tersedia pada: DOI: 10.14238/pi57.2.2017.99-103 [diunduh pada 24 Mei 2020]
Srinahyati. 2018. Influence of gadget : A Positive and Negative Impact of Smartphone Usage for Early Child. 401-414. [diunduh pada: 20 Januari 2020]
Subarkah, M. A. 2017. Pengaruh Media Gadget terhadap perkembangan anak. Dinamika Penelitian : Media Komunikasi Sosial Keagamaan.
Sundus. 2018. The Impact of using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety, 7 (1). [diunduh pada: 28 Desember 2019]
Supanitayanon, S. 2019. Exposure to the media screen in two of the first year of life and cognitive development of a preschool. Pediatric Research, 1-9. Tersedia pada: DOI: 10.1038/s41390-020-0831-8 [diunduh pada: 3 Juni 2020]
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. In Kencana.
Taulany, D. 2020. Media Tangram Geometri “Let’s Be Healthy” Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1), 1-10. Tersedia pada DOI: 10.31004/obsesi.v4i2.365 [diunduh pada 20 Juli 2020]
Vitrianingsih, S. K. 2018. Hubungan Peran Orang Tua dan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Prasekolah di TK Gugus IX Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta. Jurnal Forum Ilmiah KesMas Respati, 102-109. [diunduh pada: 12 Februari 2020]
Widiawati, I., Sugiman, H., & Edy. 2014. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu.
Wong. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Vol. 1. Edisi 6. Jakarta: EGC.

Downloads

Published

2021-06-11

How to Cite

Islami, A., Ariani, M., & Sinambela, D. P. (2021). STUDI LITERATUR DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH. Proceeding of Sari Mulia University Nursing National Seminars, 2(1), 25–39. Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/PROKEP/article/view/192