PENGOBATAN GRATIS DAN EDUKASI PENTINGNYA KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN HIPERTENSI DI DESA SUNGAI RANGAS TENGAH

Authors

  • Mustaqimah Mustaqimah Universitas Sari Mulia
  • Rina Saputri Universitas Sari Mulia
  • Ali Rakhman Hakim Universitas Sari Mulia
  • Reny Indriyani RSUD Ratu Zalecha

Keywords:

edukasi, hipertensi

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit dengan prevalensi yang tinggi. Hipertensi merupakan penyakit degeneratif yang tidak dapat disembuhkan. Tujuan terapi dari hipertensi adalah mengontrol tekanan darah dan mencegah komplikasi dengan penggunaan obat seumur hidup, sehingga kepatuhan pasien dalam meminum obat berperan penting dalam keberhasilan terapi.  Angka kejadian hipertensi di desa Sungai Rangas Tengah cukup tinggi dan mayoritas masyarakat tidak teratur dalam meminum obat. Mayoritas masyarakat hanya mengkonsumsi obat jika merasa sehat. Kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah pengobatan gratis dan edukasi, metode edukasi yang digunakan adalah konseling kelompok dengan menggunakan media leaflet. Pengobatan gratis dibantu tim dokter dan apoteker. Pada kunjungan pertama dilakukan pengukuran tekanan darah, pengukuran kepatuhan, pembagian obat hipertensi dan pemberian edukasi. Pada kunjungan kedua dilakuakn pengukuran kepatuhan kembali. Pengukuran kepatuhan dengan menggunakan kuisioner MMAS dan perhitungan sisa obat hipertensi. Total 25 masyarakat yang datang untuk melakukan pengobatan gratis. Hasil evaluasi menunjukkan terjadinya peningkatan kepatuhan minum obat sebesar 43,75% pada pasien hipertensi tersebut. Hasil evaluasi dengan kepala desa juga menunjukkan masyarakat merasa terbantu dengan kegiatan ini dan mengharapakan kegiatan seperti ini tetap berlanjut.

References

Kemenkes (2018) Riset Kesehatan Dasar Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. Jakarta.
Mustaqimah et al. (2021) ‘Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Pasien Di Kabupaten Banjar’, Jurnal Surya Medika, 7(1), pp. 209 – 217.
Mustaqimah, M., Saputri, R. and Hakim, A. R. (2021) ‘Optimizing Home Pharmacy Care Using Educational Media To Improve Medication Compliance For Hypertensive Patients’, 1(October), pp. 860–865.
Rawi, U., Kumala, S. and Uun, W. (2019) ‘Analisis Efektivitas Pemberian Konseling Dan Leaflet Terhadap Tingkat Kepatuhan Minum Obat Dalam Mengontrol Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Rsud Dr. Adjidarmo Kabupaten Lebak’, Jurnal Farmagazine, VI(1), pp. 8–16.
Rinda, A. C. and Mustaqimah, M. (2018) ‘Analisis Jenis dan Penyebab Ketidaksesuaian Pengobatan pada Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan Hipertensi’, Jurnal Pharmascience, 05(Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Pharmascience), pp. 117–125. Available at: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pharmascience/article/view/5793.
Zhou, D. et al. (2018) ‘Uncontrolled hypertension increases risk of all-cause and cardiovascular disease mortality in US adults: The NHANES III Linked Mortality Study’, Scientific Reports, 8(1), pp. 1–7. doi: 10.1038/s41598-018-27377-2.

Downloads

Published

2022-02-13

How to Cite

Mustaqimah, M., Saputri, R., Hakim, A. R., & Indriyani, R. (2022). PENGOBATAN GRATIS DAN EDUKASI PENTINGNYA KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN HIPERTENSI DI DESA SUNGAI RANGAS TENGAH. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 1(1), 306–311. Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/790