I Integrasi Edukasi Sadari Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • A.P. Harianah Zaidah MAN 3 Bone
  • Darmawati Darmawati MAN 3 Bone

Abstract

Pembelajaran terintegrasi adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik pada intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran sehingga siswa akan memperoleh pengetahuan serta keterampilan secara utuh dengan adanya pemaduan tersebut. pembelajaran ini tampak lebih menekankan keterlibatan siswa dalam belajar, sebagai akibatnya siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga menjadi bekal pengetahuan serta kecakapan agar dapat hidup di masyarakat. Tujuan diadakannya pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan integrasi edukasi SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dalam pembelajaran Bahasa Inggris bagi guru Bahasa Inggris di kegiatan PKB MGMP Bahasa Inggris tingkat Madrasah Aliyah Kab. Bone. Edukasi SADARI dapat di integrasikan pada materi If Clause dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Prosedur pembelajarannya adalah memberikan video animasi tentang edukasi SADARI kepada siswa untuk disimak dan dipelajari, setelah itu siswa mencatat dan mendiskusikan tentang edukasi SADARI secara berkelompok, siswa membuat kalimat If Clause as Sugestion  dan Imperative yang berkaitan dengan edukasi SADARI yang telah disimak, Siswa saling mengoreksi struktur If Clause pada kalimat yang telah dibuat, Siswa membuat dialog tentang SADARI yang menggunakan kalimat If Clause yang telah dibuat, siswa mempraktekkan dialog yang telah dibuat, guru dan siswa melakukan refleksi di akhir pertemuan, dan guru melakukan penilaian proses. Oleh karena itu, luaran yang ditemukan dari kegiatan PKB MGMP Bahasa Inggris tingkat Madrasah Aliyah Kab. Bone adalah integrasi edukasi SADARI dapat dimasukkan dalam pelajaran bahasa Inggris di tingkat satuan pendidikan Madrasah Aliyah (MA). Kegiatan ini diharapkan mampu memberi manfaat sebagai referensi bagi para guru Madrasah Aliyah dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris pada tingkat Madrasah Aliyah (MA).

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Zaidah, A. H., & Darmawati, D. (2023). I Integrasi Edukasi Sadari Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 2(1), 137–145. Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/1027