P PELATIHAN PEMBUATAN SABUN MINYAK JELANTAH DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN EKONOMI IBU-IBU AISYIYAH DI KOTA BANJARMASIN
Keywords:
Pemberdayaan, minyak jelantah, sabunAbstract
Angka konsumsi minyak goreng Indonesia terbilang tinggi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat rata-rata konsumsi minyak goreng sawit rumah tangga per kapita per tahun sebesar 11,58 liter pada 2020. Pada tahun 2023, konsumsi CPO nasional diproyeksikan mencapai 23,28 juta ton, meningkat dari tahun 2022 yang tercatat sebanyak 21,14 juta ton. Selanjutnya Berdasarkan laporan penelitian pengumpulan minyak jelantah di lima kota besar di pulau Jawa dan Bali yang dilakukan oleh Traction Energy Asia dan TNP2K pada 2021, tercatat 80,52% minyak jelantah dibuang begitu saja.Masyarakat banyak yang belum mengetahui cara memanfaatkan limbah minyak jelantah menjadi barang yang berguna. Untuk itu perlu ada pelatihan tentang cara pemanfaatan minyak jelantah secara tepat sehingga dapat menciptakan nilai ekonomi disertai dengan pemahaman kewirausahaan yang baik.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan kepada ibu-ibu Aisyiyah mengenai kewirausahaan dan memberikan keterampilan dalam pengolahan minyak jelantah agar mempunyai nilai guna. Pelatihan ini dilaksanakan di gedung Sekretariat Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kalsel, dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan praktek. Selama pelatihan mitra mengikuti kegiatan pelatihan dengan baik dan bersemangat. Hasil pelatihan menunjukkan peserta memiliki pengetahuan tentang kewirausahaan dan dapat membuat sabun dari minyak jelantah. Kesimpulan dari kegiatan pelatihan ini adalah, bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi ibu-ibu Aisyiyah baik berupa pengetahuan mengenai kewirausahaan maupun kemampuan pengolahan sabun minyak jelantah sebagai alternatif peningkatan sumber daya ekonomi keluarga.
References
Agung, W. (2020). Strategi Riset Pasar untuk Wirausaha. Jakarta: Pustaka Bisnis.
Hisrich, Robert. Entrepreneurship: Starting, Developing, and Managing a New Enterprise. London: Cengage, 2019.
Howkins, John. The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. London: Penguin Books, 2021.
Kurniawan, T., & Lestari, M. (2019). Pengaruh Pelatihan Pengolahan Minyak Jelantah Terhadap Kesadaran Lingkungan Masyarakat di Surabaya. Jurnal Lingkungan dan Kesehatan, 11(4), 221-230.
Perdana, B. E. G. (2021). Circular Economy of Used Cooking Oil in Indonesia: Current Practices and Development in Special Region of Yogyakarta. Journal of World Trade, 6(1). https://doi.org/10.22146/jwts.v6i1.1541
Pratama, A. (2022). Branding dan Pemasaran untuk Pemula. Semarang: Media Pustaka.
Pratama, H., & Yulianti, D. (2022). Dampak Ekonomi Pelatihan Pengolahan Sabun dari Minyak Jelantah pada Masyarakat di Jawa Barat. Jurnal Ekonomi Kerakyatan, 14(3), 88-98.
Putra, H. (2023). Pengelolaan Keuangan bagi Start-up. Surabaya: Penerbit Ekonomi.
Rahman, A., & Sutrisno, S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Minyak Jelantah Menjadi Sabun di Daerah Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 18(1), 45-55. https://doi.org/10.23960/buguh.v1n1.39
Ronitawati, Putri, Viki Riantama, and Khairizka Citra Palupir. (2020), "Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Minyak Berulang Pada Pelaku Usaha Makanan." Jurnal Riset Gizi 8(2):116-21. doi: 10.31983/jrg.v8i2.6357. https://doi.org/10.31983/jrg.v8i2.6357
Setiawan, D. (2022). Business Plan sebagai Peta Jalan Usaha. Yogyakarta: Pustaka Mandiri.
Suryani, R. (2021). Pentingnya Pemahaman Pasar bagi Wirausahawan Baru. Bandung: Penerbit Wira.
Susanto, Y. (2023). Menghadapi Tantangan Bisnis di Era Digital. Jakarta: Bisnis Publishing.
Timmons, Jeffry. New Venture Creation: Entrepreneurship for the 21st Century. Boston: McGraw-Hill, 2020.
Zimmerer, Thomas. Entrepreneurship and the New Venture Formation. New York: McGraw-Hill, 2020.hlm.51
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muslimah Hayati, Ahmad Rifani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.