E Edukasi dan Pelatihan dalam Meningkatkan Critical Thinking Siswa Menengah Pertama

Authors

  • Diba Ramadhana Universitas Sari Mulia Author
  • Noor Aisyah Universitas Sari Mulia Author
  • Faida Azhimia Universitas Sari Mulia Author
  • Nadya Novianty Universitas Sari Mulia Author

Keywords:

Edukasi , Pelatihan, Critical Thinking

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Banjar mengenai pentingnya berpikir kritis dalam proses pembelajaran mereka. Kegiatan pengabdian ini melibatkan 48 siswa kelas IX sebagai partisipan utama. Metodologi yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup presentasi, diskusi, dan evaluasi melalui tanya jawab yang dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dan manfaat berpikir kritis. Selain itu, kuesioner disebarkan kepada siswa di akhir kegiatan untuk mengukur tingkat kepuasan terhadap pelatihan yang diberikan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa para siswa dapat memahami konsep berpikir kritis dengan baik, termasuk ciri-ciri dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Selama sesi evaluasi melalui tanya jawab, siswa mampu menjawab pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan, menunjukkan adanya pemahaman yang cukup mendalam. Tanggapan melalui kuesioner juga menunjukkan hasil yang positif, di mana siswa merasa kegiatan ini bermanfaat dan merekomendasikan agar pelatihan serupa dapat diberikan kepada teman-teman mereka atau di sekolah lain. Respon positif ini menunjukkan bahwa program pelatihan telah berhasil dalam meningkatkan pemahaman siswa akan pentingnya berpikir kritis. Kesimpulannya, kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil dilaksanakan dengan baik dan memenuhi tujuan yang telah ditetapkan. Siswa tidak memberikan keluhan terkait materi atau fasilitas yang disediakan selama kegiatan. Berdasarkan hasil dan temuan, disarankan agar program serupa diperluas ke sekolah-sekolah lain di wilayah ini. Dengan demikian, diharapkan dampak positif dari pelatihan berpikir kritis ini dapat dirasakan secara lebih luas dan mendalam, memberi manfaat bagi lebih banyak siswa dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mereka dalam pembelajaran.

References

Agustina, N., Mayuni, I., & Iskandar, I. (2022). Is Critical Thinking Accomodated in Junior High School English Textbook? Proceedings of the 3rd International Conference on Educational Science and Teacher Profession (ICETeP 2021), 43–51. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-19-0_6

Akpur, U. (2020). Critical, Reflective, Creative Thinking and Their Reflections on Academic Achievement. Thinking Skills and Creativity, 37(1), 100683. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100683

Atayeva, M. (2019). Cultivating junior high school students critical thinking skills by using short-videos in english language classroom. JELE (Journal of English Language and Education), 5(1), 21. https://doi.org/10.26486/jele.v5i1.830

Chaku, N., & Hoyt, L. T. (2019). Developmental Trajectories of Executive Functioning and Puberty in Boys and Girls. Journal of Youth and Adolescence, 48(7), 1365–1378. https://doi.org/10.1007/s10964-019-01021-2

El Soufi, N., & See, B. (2019). Does explicit teaching of critical thinking improve critical thinking skills of English language learners in higher education? A critical review of causal evidence. Studies in Educational Evaluation, 60, 140-162. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.12.006

Martin, A. J., & Steinbeck, K. (2017). The role of puberty in students’ academic motivation and achievement. Learning and Individual Differences, 53(53), 37–46. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2016.11.003

Nuraini Panjaitan, Rusydi Ananda, & Ripho Delzy Perkasa. (2023). Pengaruh Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran. Mimbar Kampus Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(1), 74–89. https://doi.org/10.47467/mk.v23i1.3423

Nurhayati, None Rudiana Agustini, & None Elok Sudibyo. (2022). Analysis of Critical Thinking Skills of Middle School Students on Environmental Pollution Materials. IJORER International Journal of Recent Educational Research, 3(1), 100–109. https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i1.186

Perdani, A. S., Hernani, H., & Ramalis, T. R. . (2023). Examining the Correlation between Critical Thinking and Problem-Solving Skills of Junior High School Students Against Climate Change . Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 6904–6910. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.4438

Susanti, E., & Hartono. (2019, June). Mathematical Critical Thinking and Creative Thinking Skills: How Does Their Relationship Influence Mathematical Achievement?. In Proceedings of the 2019 International Conference on Mathematics, Science and Technology Teaching and Learning (pp. 63-66).

Hartono, W., Adi Kurniawan Yusup, Jocely Onodite, Listyatmadja, H. K., & Zefanya Agung Mangempis. (2023). Pelaksanaan Praktik Critical Thinking melalui Permainan pada Murid Sekolah Citra Berkat. Jurnal LeECOM (Leverage Engagement Empowerment of Community), 5(2). https://doi.org/10.37715/leecom.v5i2.4395

Downloads

Published

2025-02-06