E Edukasi dan Pelatihan Siswa dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris untuk Menghadapi Era-Digital

Authors

  • Aulia Azmi azmi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sari Mulia Author
  • Noor Aisyah Universitas Sari Mulia Author

Keywords:

Edukasi, Pelatihan, Bahasa Inggris, Digital

Abstract

Bahasa Inggris menjadi bahasa global yang sangat penting di era digital. Penguasaan bahasa Inggris memungkinkan akses yang lebih luas terhadap informasi, karena sebagian besar konten di internet, seperti artikel, buku, video, dan kursus online, tersedia dalam bahasa Inggris. Bagi siswa, penguasaan bahasa Inggris sangat penting untuk mendukung prestasi akademik dan pengembangan diri. Akan tetapi, dari hasil riset ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris masih jauh dari memuaskan padahal sudah belajar bahasa Inggris bertahun-tahun. Hal ini harusnya menjadi perhatian guru untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman dan motivasi yang mendalam tentang pentingnya penguasaan bahasa Inggris pada siswa dan membantu siswa untuk mempelajari bahasa Inggris dengan mudah. Metode pelaksanaan kegiatan yang dilakukan melalui analisis kondisi wilayah sasaran, identifikasi masalah, merencanakan intervensi dan implementasi dengan melaksanakan kegiatan berupa memberikan edukasi dan pelatihan terkait pembelajaran Bahasa inggris di SMKN 1 Banjarmasin. Hasil dari kegiatan ini yaitu memberikan dampak positif kepada peserta yaitu menambah wawasan dan pengetahuan tentang pemanfaatan media digital untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Peserta tidak hanya mendapat pengetahuan teori namun melakukan praktik langsung dengan pendampingan oleh tim pengabdian. Berdasarkan kegiatan PKM yang telah dilaksanakan, hasil evaluasi yang didapatkan saat diskusi adalah siswa mengikuti pelatihan dengan sangat antusias dan aktif berpartisipasi dengan baik. Namun, karena keterbatasan waktu maka sesi tanya jawab dan diskusi masih terbatas. Mungkin lain waktu bisa diadakan lagi kegiatan serupa dan dengan materi yang juga dibutuhkan siswa di masa digital seperti sekarang ini.

References

Alwiyah, & Sayyida. (2020). Penerapan E-Learning untuk Meningkatkan Inovasi Creativepreneur Mahasiswa. https://doi.org/10.34306/abdi.v1i1.108

Dian, P., & Paramita, Y. (2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Implementasi Aplikasi E-Learning. 4(2), 1799-1804. http://jurnaledukasia.org https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.508

Fatimah, S., & Nurmanik, T. (2020). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II PING 003 WhatsApp Media to Improve Students' Speaking Skill.

Listiyaningsih, T. (2017). The Influence of Listening English Song to Improve Listening Skill in Listening Class. 1(1) https://doi.org/10.22515/academica.v1i1.601

Maulida, A. (2022). The Impact of Using Grammarly to Improve Students' Writing Skill at SMAN 14 Kota Tangerang in Academic Year 2020/2021. In FOREMOST JOURNAL (Vol. 3, Issue 1).

Virgiyanti, D. F., & Mahdiyah, A. N. F. (2023). The Implementation of Extensive Reading to Foster Students' Reading Skills. Journal of Research on Language Education (JoRLE), 4(1), 15-20. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JoRLE/index https://doi.org/10.33365/jorle.v4i1.2544

Zulaikah. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris dalam Percakapan Sehari-Hari dengan Metode VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) bagi Para Santri Pondok Pesantren Nurul Huda 2 Tanah Merah Zulaikah STKIP Nurul Huda Sukaraja. https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIMi/6 https://doi.org/10.30599/jimi.v1i1.420

Downloads

Published

2025-02-24