B Bahasa Inggris di Ujung Jari: Memanfaatkan Media Sosial dan Aplikasi Gratis untuk Siswa SMA

Authors

  • Faida Azhimia Universitas Sari Mulia Author
  • Nadya Novianty Universitas Sari Mulia Author

Keywords:

media sosial, aplikasi gratis, pembelajaran bahasa inggris, Peserta didik SMA, Pengabdian kepada Masyarakat

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan pemahaman di SMA mengenai pemanfaatan media sosial serta aplikasi gratis dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Program ini dirancang untuk memberikan panduan praktis tentang penggunaan platform digital seperti YouTube, WhatsApp, Facebook, dan Instagram sebagai alat bantu interaktif yang efektif dalam proses belajar bahasa. Program ini dilaksanakan melalui ceramah interaktif yang melibatkan 50 orang peserta didik di SMAN 5 Banjarmasin. Dalam sesi ini, peserta diperkenalkan dengan berbagai fitur dari media sosial dan aplikasi yang relevan untuk mendukung pembelajaran mandiri. Penekanan khusus diberikan pada penggunaan yang kreatif dan aplikatif, sehingga peserta didik dapat memanfaatkan teknologi dengan lebih maksimal. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan dampak positif yang signifikan bagi peserta, terutama dalam memperluas wawasan dan pengetahuan mereka tentang penggunaan media sosial dan aplikasi untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Para peserta didik menjadi lebih paham mengenai cara-cara inovatif dalam belajar dan berinteraksi secara daring. Media sosial dan aplikasi gratis menawarkan alternatif pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih fleksibel dan menyenangkan. Dengan memanfaatkan teknologi digital ini, peserta diharapkan dapat terus mengembangkan keterampilan bahasa mereka secara mandiri dan kreatif, menjadikan proses belajar tidak hanya lebih menarik tetapi juga lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka.

References

Anum, A. (n.d.). INTERAKSI MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Bajrami, L., & Ismaili, M. (2016). The Role of Video Materials in EFL Classrooms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232, 502–506. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.068

Faryadi, Q. (2017). Effectiveness of Facebook in English Language Learning: A Case Study. OALib, 04(11), 1–11. https://doi.org/10.4236/oalib.1104017

Hamad, M. M. (2017). Using WhatsApp to Enhance Students’ Learning of English Language “Experience to Share.” Higher Education Studies, 7(4), 74. https://doi.org/10.5539/hes.v7n4p74

La Hanisi, A., Risdiany, R., Dwi Utami, Y., & Sulisworo, D. (2018). The use of WhatsApp in collaborative learning to improve English teaching and learning process. International Journal of Research Studies in Educational Technology, 7(1). https://doi.org/10.5861/ijrset.2018.3004

Nasution, A. K. P. (2020). INTEGRASI MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN GENERASI Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277

Rahman, J., & Kom, S. (n.d.). PENGARUH MEDIA SOSIAL BAGI PROSES BELAJAR SISWA.

Suryaningsih, A. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. EDUSAINTEK : JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.45

Widiastuti, F. D. (n.d.). Pemanfaatan Media Audio Visual Youtube Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Pada Pembelajaran Indonesia.

Zulkarnain, I., Muthmainnah, N., Safitri, R. N., & Anggraini, R. (2024). Integrasi Media Sosial dan Teknologi Pendidikan: Peran StudyTWT dalam Meningkatkan Motivasi dan Komunitas Pembelajaran. 2.

Downloads

Published

2025-02-09