I Intervensi Penanganan Emesis Gravidarum Pada Ibu Hamil Tm I Di Wilayah Kerja Puskesmas Pahandut Palangka Raya Tahun 2022 Intervention In Handling Of Emesis Gravidarum In Tm I Pregnant Women In The Working Area Of Pahandut Puskesmas Palangka Raya In 2022

Main Article Content

Amelia Dwiana Putri
Susanti Suhartati
Ika Mardiatul Ulfa

Abstract

Latar Belakang : Jumlah ibu hamil di Puskesmas Pahandut Palangka Raya sebanyak 765 orang, ibu hamil TM I sebanyak 257 orang (33%), yang mengalami emesis gravidarum sebanyak 232 orang (90%).Emesis Gravidarum merupakan hal yang fisiologis namun jika tidak di tangani dengan baik dapat menyebabkan hiperemesis gravidarum yang menyebabkan gangguan pada ibu dan janin terdapat 2 terapi untuk mengatasi emesis gravidarum yaitu dengan terapi farmakologi (obat obatan) dan non farmakologi (herbal).


Tujuan :Mengetahui Intervensi dan Penanganan Emesis Gravidarum pada Ibu Hamil TM I.


Metode : Desain penelitian ini dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini ibu hamil TM I yang mengalami emesis gravidarum berjumlah 30 orang dengan teknik acidental sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan Kuisioner.


Hasil : Hasil penelitian menunjukan ibu hamil yang berumur  20-35 tahun sebesar 70%, yang bekerja sebagai ibu rumah tangga sebesar 66.7%, berpendidikan SMA/Sederajat sebesar 53.3%, serta 60% ibu hamil  menggunakan Terapi Farmakologi, 26.7% menggunakan terapi Farmakologi dan Non Farmakologi, 13.3% menggunakan terapi non farmakologi.


Simpulan : Petugas kesehatan puskesmas pahandut Palangka Raya hanya memberikan terapi non farmakologi kepada ibu hamil yang mengalami emesis gravidarum, metode non farmakologi juga perlu dipertimbangkan sebagai alternatif karena terbukti lebih aman karena berbahan alami dan herbal.


Kata Kunci : Emesis Gravidarum, Ibu Hamil, Intervensi

Article Details

How to Cite
Putri, A. D., Suhartati, S., & Ulfa, I. M. (2023). I Intervensi Penanganan Emesis Gravidarum Pada Ibu Hamil Tm I Di Wilayah Kerja Puskesmas Pahandut Palangka Raya Tahun 2022: Intervention In Handling Of Emesis Gravidarum In Tm I Pregnant Women In The Working Area Of Pahandut Puskesmas Palangka Raya In 2022. Proceeding Of Sari Mulia University Midwifery National Seminars, 5(1). Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/PROBID/article/view/1115
Section
Articles

References

Armini, N. K. A., Yunitasari, E., Triharini, M., Kusumaningrum, T., & Pradanie, R. (2016). Buku Ajar Keperawatan Maternitas 2 (Issue 1). Universitas Airlangga Press.

Putri, A. (2014). Buku Harian Ibu Hami. Saufa.

Tiran, D. (2009). Mual dan Muntah Kehamilan. EGC.

Wibisono, H., & Dewi. (2018). Solusi Sehat Seputar Kehamilan. Agro Media Pustaka.

Widyastuti, D. E., Rumiyati, E., & Widyastutik, D. (2019). Terapi Komplementer Akupresur Untuk Mengatasi Emesis Gravidarum Pada Ibu

Hamil Trimester I Tahun 2018. Jurnal Kebidanan Indonesia, 10(1), 96–104.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>