F Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Infertilitas Pada Wanita Usia Subur (WUS) Di Wilayah Kerja Mengkatip Factors Affecting The Incidence Of Infertility In Women Of Reproductive Age (WUS) In The Mengkatip Working Area

Main Article Content

Istiqomah Istiqomah
Winda Maolinda
Ahmad Hidayat
Ika Friscilla

Abstract

Latar Belakang: Infertilitas adalah salah satu penyebab masalah global yang mempengaruhi lebih dari 80% juta orang di dunia. Pada kasus infertilitas, perempuan memiliki peran sebesar (40%-50%) kasus sedangkan laki-laki sebesar 30% dan penyebab lain sekitar (20%-30%)dari pasangan. Data dari KIA Puskesmas Mangkatip, terdapat 34 orang (20%) pasangan yang belum memiliki anak setelah menikah selama 1-2 tahun tanpa menggunakan kontrasepsi.


Tujuan: Menganalisa Faktor-faktor yang mempengaruhi  kejadian  infertilitas pada wanita usia subur di wilayah kerja mengkatip


Metode: Jenis pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian survei analitik dan pendekatan cross sectional. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah wanita usia subur yang berjumlah 31 orang. Data dianalisis menggunakan uji chi square.


Hasil: sebagian besar WUS dengan kategori infertil dengan jumlah 17 orang (54,8%), IMT berada pada kategori tidak normal sejumlah 15 orang (48,4%), Usia responden sebagain besar pada kategori tidak berisiko dengan jumlah 26 orang (83,9%), dan 14 orang (45,2%) tidak bekerja. Hasil uji analisis menggunakan chi square didapatkan p-value pada IMT terhadap Infertilitas adalah 0.576, Usia terhadap infertilitas didapatkan p-value 0.217, dan Pekerjaan terhadap inferti dengan p-value sebesar 0.815.


Simpulan: Didapatkan bahwa IMT, usia dan pekerjaan tidak menjadi faktor yang dapat mempengaruhi infertilitas karena mempunyai p-value > 0.05. sehingga diharapkan bagi tenaga kesehatan untuk lebih memberikan informasi dan eduksi pada masyarakat khususnya WUS dalam mendeteksi adanya infertilitas pada WUS.

Article Details

How to Cite
Istiqomah, I., Maolinda, W., Hidayat, A., & Friscilla, I. (2023). F Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Infertilitas Pada Wanita Usia Subur (WUS) Di Wilayah Kerja Mengkatip: Factors Affecting The Incidence Of Infertility In Women Of Reproductive Age (WUS) In The Mengkatip Working Area. Proceeding Of Sari Mulia University Midwifery National Seminars, 5(1). Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/PROBID/article/view/1125
Section
Articles

References

Lindriani, L., & Hertiana, H. (2022). Hubungan Berat Badan dengan Kejadian Infertilitas pada Wanita Usia Subur di Wilayah Kerja Puskesmas Walenrang. Journal of Pharmaceutical and Health Research, 3(3), 135-138.

Mudlikah, S., Hamidah, S., Rosita, R., & Agusari, S. R. (2020). Determinan Faktor Berat Badan dan Gaya Hidup Wanita Produktif Pada Infertilitas Sekunder. JIK JURNAL ILMU KESEHATAN, 4(2), 165-170.

Yuliarfani, N., & Nina, N. (2022). Pengaruh Pekerjaan, Stres, Obesitas, dan Siklus Menstruasi dengan Kejadian Infertilitas pada Wanita. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 7(1), 21-31.

Pasaribu, I. H., Rahayu, M. A., & Marlina, R. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Infertilitas Pada Wanita Di Rumah Sakit Dewi Sri Karawang. HSG Journal, 4(2), 62-73.

Yusriani, M., Wahyuni, A., Resty, R., (2018). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN INFERTILITAS PADA WANITA USIA SUBUR DI RSU SAWERIGADING PALOPO TAHUN 2016 Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Kesehatan Mega Buana

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>