EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN PADA PASIEN HIPERTENSI: NARRATIVE REVIEW

Authors

  • Intan Nur Islamiaty Prodi Sarjana Keperawatan Universitas Sari Mulia
  • Onieqie Ayu Dhea M Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia
  • Iwan Yuwindry Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Kesehatan Universitas Sari Mulia

Keywords:

Hipertensi, Pendidikan Kesehatan

Abstract

Latar Belakang: Penyakit hipertensi merupakan masalah kesehatan serius pada masyarakat. Penyakit hipertensi setiap tahunnya mengalami peningkatan. Data Riskesdas pada tahun 2018 mencapai prevalensi (34,1%) di Indonesia dan prevalensi (44,1%) di Kalimantan Selatan. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya hipertensi adalah pola hidup. Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai pola hidup yang sehat memicu terjadinya kelalaian pengendalian tekanan darah. Hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya komplikasi pada pasien hipertensi. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengendalikan penyakit hipertensi adalah memberikan pendidikan kesehatan kepada pasien hipertensi untuk menjaga dan memperbaiki pola hidup sehat.

Tujuan: Menganalisis Efektivitas Pendidikan Kesehatan pada pasien hipertensi

Metode: Rancangan Penelitian Narrative Review. Kriteria jurnal yang digunakan disaring berdasarkan judul literatur, abstrak dan kata kunci atau Keyword yaitu Pendidikan Kesehatan+pasien hipertensi.

Hasil: Sebagian besar pasien hipertensi yang telah diberikan pendidikan kesehatan mengalami perubahan dari segi perilaku individu dan tekanan darah. Hasil analisis yang didapat adalah sebagian besar penelitian menunjukkan adanya efektivitas pendidikan kesehatan pada pasien hipertensi.

Simpulan: Pemberian Pendidikan Kesehatan pada pasien hipertensi dapat mengendalikan tekanan darah. Bagi instansi terkait meliputi dinas kesehatan, rumah sakit, puskesmas maupun fasilitas kesehatan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pasien hipertensi terkait pengendalian tekanan darah misalnya mengurangi konsumsi garam, meminum obat antihipertensi, dan selalu melakukan pemeriksaan tekanan darah ke puskesmas atau tenaga kesehatan lainnya. Hal tersebut dapat membantu pasien dalam mengendalikan tekanan darahnya.

Kata Kunci: Hipertensi, Pendidikan Kesephatan.

 

Background: Hypertension is a serious public health problem. Hypertension has increased every year. Riskesdas data in 2018 reached prevalence (34.1%) in Indonesia and prevalence (44.1%) in South Kalimantan. One of the factors cause hypertension is lifestyle. Lack of the public knowledge about a healthy lifestyle leads to neglect of blood pressure control. This has the potential to cause complications in hypertensive patients. The effort that can be made to prevent and control hypertension are providing health education to hypertensive patients to maintain and improve healthy lifestyle.

Aim: Analyze the Effectiveness of Health Education in hypertensive patients

Method: Narrative Review Research Design. The journal criteria used were filtered based on literature titles, abstracts and keywords, namely Health Education + hypertensive patients.

Results: Most hypertensive patients who have been given health education experience changes in terms of individual behavior and blood pressure. The results of the analysis obtained were the most of the studies showed the effectiveness of health education in hypertensive patients.

Conclusion: Providing health education to hypertensive patients can control blood pressure. Relevant agencies including health offices, hospitals, health centers and health facilities are expected to increase hypertension patient knowledge regarding blood pressure control, for example reducing salt consumption, taking antihypertensive drugs and always checking blood pressure at the health center or other health workers. This can help patients to control their blood pressure.

Keywords: Health Education, Hypertension.

References

Arlita, S. 2017. Efektivitas Cepat Tensi (Cegah dan Pantau Hipertensi) Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Pada Wanita Menopause. Jurnal Of Health Education, 107-114. Doi: https://doi.org/10.15294/jhe.v2i2.15689 [Diakses pada tanggal 28 Februari 2018]
Delevar Farzaneh, A. P. 2019. The effects of self-management education tailored to health literacy on medication adherence and blood pressure control among elderly people with primary hypertension: A randomized controlled trial. Elsevier, 1-7. Doi: 10.1016/j.pec.2019.08.028 [Diakases pada tanggal 19 Agustus 2019]
Fries, S. D. 2019. Efektivitas Pendidikan Kesehatan dan Senam Hipertensi Terhadap Perubahan Tekanan Darah dan Pengetahuan Pasien Hipertensi Di Puskesmas Kecematan Nusaniwe Ambon. Global Health Science Vol 4, 71-79. Doi: https://doi.org/10.12345/jikp.v8i02.144 [Diakses pada tanggal 30 Desember 2019]
Kemenkes, R. 2018. Hasil Utama Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Muhamad, M. 2018. Profil Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, 66.
Ozoemena, E. L., Iwaeama, C. N., Agbaje, O. S., Umoke, P., Ene, O. C. 2019. Effects of a health education intervention on hypertension-related knowledge, prevention and self-care practices in Nigerian retirees: a quasi-experimental study. Archives of Health, 2-16. Doi: https://doi.org/10.1186/s13690-019-0349-x [Diakses pada tanggal 23 Mei 2019]
Rahayu, S., Wahyuni, S. 2019. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Managemen Hipertensi Terhadap Kejadian Berulang Peningkatan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka. JURNAL KAMPUS STIkes Majalengka, 1-10. Doi: https://doi.org/878-602-60315-8-7 [Diakses pada tahun 2019]
Shayesteh, H. 2016. Effect of Education Intervention on Lifestyle of Patients with Hypertension among the Rural Population of Lorestan Province. Lifestyle Medicine, 58-63. Doi: 10.15280/jlm.2016.6.2.58 [Diakses pada tanggal 30 September 2016]
Warsono., Rendi., Wahyu, T. D. 2017. Effect Of Health Education About Hypertension Toward Behavior Change Lifestyle Clients Hypertension In Puskesmas Dau Malang. Nursing News, 83-92. Doi: https://doi.org/10.37362/jch.v2i3.252 [Diakses pada tanggal 3 Desember 2018]
Zakiyatul, U. 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Poster Terhadap Pengetahuan Manajemen Hipertensi Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Keperawatan Soedirman, 38-46. http://dx.doi.org/10.20884/1.jks.2017.12.1.715 [Diakses pada Maret 2017]

Downloads

Published

2021-06-11

How to Cite

Islamiaty, I. N., Dhea M, O. A., & Yuwindry, I. (2021). EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN PADA PASIEN HIPERTENSI: NARRATIVE REVIEW. Proceeding of Sari Mulia University Nursing National Seminars, 2(1), 120–131. Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/PROKEP/article/view/187