EFEKTIVITAS PENILAIAN PRESENTASI TERHADAP MAHASISWA: LITERATURE REVIEW

Isnaniah Isnaniah, Rian Tasalim, Faisal Rahman

Abstract


Latar Belakang: Menilai merupakan mengambil keputusan terhadap sesuatu mengenai baik atau buruk, sehingga dapat mengatakan baik, sedang, atau kurang. Presentasi adalah bentuk komunikasi dilakukan secara terpadu lewat suara, gambar, dan bahasa tubuh. Permasalahan yang dapat mempengaruhi siswa yaitu penilaian presentasi berpengaruh terhadap hasil pembelajaran mahasiswa dan memperoleh informasi tentang sejauh mana ketercapaian kompetensi dalam proses pembelajaran.

Tujuan: Mengetahui Efektifitas Penilaian Presentasi Terhadap Mahasiswa.

Metode: Penelitian ini menggunkan metode literature review.

Hasil: 5 jurnal yang didapatkan dari penilaian presentasi itu dapat memberikan kepada mahasiswa untuk menilai seberapa efektif kemampuan pembelajaran yang diberikan, terdapat juga dari penilaian presentasi yang dianggap bagus dan cukup efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Simpulan: Psikomotor, kognitif, dan afektif siswa dari penilaian presentasi dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran, dan juga penerapan pada pembelajaran berbasis multimedia presentasi memberikan respon positif terhadap pemahaman dan pengetahuan.

Kata Kunci: Presentasi, Penilaian.

 

Background: Assessment is taking decisions on something about good or bad, so it can say good, moderate, or less. Presentation is a form of communication carried out in an integrated manner through voice, pictures and body language. Problems that can affect students, namely presentation assessment affect student learning outcomes and obtaining information about the extent to which competence is achieved in the learning process.

Purpose: Knowing the Effectiveness of the Presentation Assessment for Students.

Method: This study uses the literature review method.

Results: The 5 journals obtained from the presentation assessment can provide students to assess how effective the learning abilities are given, there are also presentations that are considered good and effective enough to improve the quality of learning.

Conclusion: Psychomotor, cognitive, and affective students from presentation assessment can increase student activity in learning, and also the application of multimedia presentation-based learning provides a positive response to understanding and knowledge.

Keywords: Presentation, Assessment.


Keywords


Presentasi, Penilaian

Full Text:

PDF

References


Ansari. B. I, & Ag, Burhanuddin. 2019. Pengembangan Kinerja Perguruan Tinggi Melalui Manajemen Berbasis Institusi. Jurnal Serambi Ilmu. Vol. 20. No. 02.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Budiman Agus. 2014. Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester I. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2.

Dewi. D. P & Hayati, Rizka. 2017. Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Presentasi Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNIKAL. PIBSI XXXIX.

Fitri, C & Dian. 2016. Pengembangan Paket Tes Matematika Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X TKJ SMK Materi Sistem Persamaan Linier. Jurnal Edukasi UNEJ Volume 3 No. 2.

Inteni, Candiasa, & Suarni. 2013. Pengembangan Instrumen Tes Objektif Pilihan Ganda Yang Diperluas Berbasis Web Untuk Mata Pelajaran Tik Kelas Xi Sman Di Kabupaten Karangasem. E-Journal Program Pasca Sarjana Uni-versitas Pendidikan Ganesha. (online), (http://journals.sagepub.com /doi/pdf/10.3102/0013189X020008015).

Irawan, Denis., Astra. I. M, & Bakri, Fauzi. 2012. Pengaruh Penerapan Penilaian Portofolio Online Web Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Tingkat SMA. Jurnal Teknodik Vol. XVI No. 3.

Lisa, Prasetyo, A.P.B & Indiyanti, D.R. 2012. Pengembangan Instrumen Peni laian Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Sistem Respirasi dan Ekskresi. Lembaran Ilmu Kependidikan Volume 41 (1) (2012). (online) (http://journal. unnes.ac.id/ artikel_nju/ LIK/ 2226).

Munzil. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Sistem Pendengaran dan Sonar SMP. Jurnal Eksakta Pendidikan. (online) (http://jep.ppj.unp.ac.id/index.php/jep)

Nursalam. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Paramita. I. G & Setyono. E. Y. 2017. Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Presentasi Lisan Mahasiswa Kelas VII A D4 Manajemen Proyek Konstruksi Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bali. Vol. 7 No. 3. Soshum Jurnal Sosial dan Humaniora.

Purwanto. 2009. Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ramdany, Radeny., Loihala, M., & Anggreini. Y. S. 2018. Evaluasi Proses Pembelajaran Berdasarkan Hasil Try Out Uji Kompetensi Prodi DIII Keperawatan. Nursing Arts. Vol. 12. No. 02.

Rahmat, M. M. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar PAI Melalui Metode Diskusi dan Presentasi Power Point bagi Peserta Didik Kelas VII FSMP Negeri 2 Banjarnegara. AL-QALAM, 6(1).

Rahmawanto, Roni. 2018. Penggunaan Teknik Mind Map Berbasis Multimedia Presentasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk.

Rukajat, Ajat. 2018. Teknik Evaluasi Pemebelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Setiawan A. R. 2019. Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Melatih Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi pada Topik Gerak Lurus di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SiNaFi).

Sholeh, Agus. 2018. Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Presentasi Lisan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang. Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang.

Sofiyah, Susanto, & Setiawani, S. 2015. Pengembangan Paket Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Pada Siswa Kelas V SD. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 2016, I (1): 1-7. (online), (http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/64108/SITI%20SOFIYAH.pdf?sequence=1).

Sudjana. 2012. Penilaia Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sumarno. 2018. Pengembangan Instrumen Asesmen Diri Guru Terhadap Aktivitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.(online) (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep).

Supriyono, Sudarmaji, & Herlili. E. 2017. Pkm Pelatihan Penggunaan Teknik Mind Mapp Berbasis Multimedia Presentasi Dalam Pembelajaran Bagu Guru di SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Adiguna: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/adiguna.

Wahyuningsih. 2016. Pengembangan Instrumen Self Assessment Berbasis Web untuk Menilai Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4(4):338-343.

Widyastuti Rany. 2015. Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 2.

Yusuf, Muhammad. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zaenal, Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.