P Pentingnya Komunikasi Dalam Berbinis Terhadap Pemberdayaan UKM Keripik Pisang Bu Sami

Authors

  • Lusy Lusy Universitas Katolik Darma Cendika
  • Michael Hani Sutanto Universitas Katolik Darma Cendika

Abstract

Setiap UKM yang ada diharapkan mampu membaca kebutuhan pasar agar mampu memproduksi produk sesuai segmen pasar yang dituju, maka dari itu dapat menggunakan sarana komunikasi digital yang nantinya akan bersama-sama dihubungkan dengan berbagai sentra UKM tergantung dari jenis kegiatan yang dilakukannya. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini mitra yang bekerjasama yakni UKM (Usaha Kecil, dan Mikro) yang bergerak di bidang Keripik Pisang, obyek kegiatan ini mengambil lokasi di Desa Dayurejo, tepatnya Dusun Gamoh, Kecamatan Prigen Pasuruan. Berdasarkan wawancara yang dilakukan, terdapat beberapa masalah antara lain : (1) Tidak memanfaatkan teknologi media sosial untuk memasarkan produknya; dan (2) Desain kemasan produk yang kurang menarik minat konsumen. Kegiatan ini menggunakan metode partisipatif, karena ingin menyelesaikan permasalahan yang ada dengan ikut ambil bagian sebagai mitra dari pelaksanaan kegiatan ini. Maka dari itu komunikasi memegang peranan yang penting karena dengan adanya informasi maka pesan yang dimaksud dapat diterima dengan baik dengan harapan agar dapat menggarisbawahi sesuatu yang khas dari produk yang diproduksi agar dapat menyaingi produk di pangsa pasar luas.

Author Biography

Lusy Lusy, Universitas Katolik Darma Cendika

Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Darma Cendika

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Lusy, L., & Sutanto, M. H. (2023). P Pentingnya Komunikasi Dalam Berbinis Terhadap Pemberdayaan UKM Keripik Pisang Bu Sami . Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 2(1), 60–72. Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/1015