PENDAMPINGAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015

Authors

  • Endah Dewi Purnamasari Universitas Indo Global Mandiri
  • Fani Kristina Universitas Indo Global Mandiri

Keywords:

ISO 9001, 2015, Sistem Manajemen Mutu, BPKAD

Abstract

Kegiatan Pendampingan ini dilakukan untuk memeriksa kesesuaian Sistem Manajemen Mutu kegiatan agar terkoordinasi pada proses mengarahkan dan mengendalikan organisasi di BPKAD Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir serta kepatuhan terhadap peraturan/ kebijakan Standar Operasional Prosedur (SOP). Mengetahui sejauh mana penerapan Sistem Manjemen Mutu pada sistem pelayanan, sesuai ketentuan ISO 9001:2015. Serta untuk mengetahui sejauh mana para personil dari tingkat manajemen atas sampai bawah yang ikut terlibat dalam proses pelayanan pada BPKAD Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir memahami kesadaran akan kualitas yang dilaksanakan secara berkesinambungan. Keluaran yang dihasilkan dari kegiatan ini agar terciptanya sebuah komitmen yang kolektif dan konsistensi dalam menjalankan pelayanan publik yang lebih berkualitas sesuai dengan sistem secara benar dan telah mengacu pada persyaratan kriteria yang ada dalam Standar Internasional Berbasis ISO 9001:2015 dan tersertifikasi ISO 9001:2015. Jika pelayanan yang diberikan semakin baik dan sesuai dengan standar akan meningkatkan kepuasan pelanggan atau masyarakat yang menggunakan pelayanan di BPKAD Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir.

References

[1] P. Kotler and K. L. Keller, Marketing management, vol. 13, no. 3. 2001.
[2] J. P. Domingues, A. M. Reis, L. M. Foncesa, P. Avila, and G. Putnik, “The Added Value of The ISO 9001:2015 International Standard From an Auditors Perspective: A CB-SEM Based Evaluation,” Int. J. Qual. Res., vol. 13, no. 4, pp. 967–986, 2019.
[3] B. D. Kuntari, S. Kumadji, and K. Hidayat, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Bengkel PT Astra International Tbk – Daihatsu Malang),” J. Adm. Bisnis, vol. 36, no. 1, pp. 196–202, 2016.
[4] Normajatun and A. Haliq, “Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Bandara Udara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin,” As Siyasah, vol. 4, no. 1, pp. 20–25, 2019.
[5] M. E. P. Sari, “Peran Pemerintah Dalam Penyediaan Akses Pelayanan Publik,” J. Trias Polit., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2018.
[6] E. N. Ma’sumah and Layaman, “Pengaruh Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Terhadap Kepuasan Peserta (Pelanggan) Dengan Mediasi Kualitas Layanan,” J. Bisnis dan Manaj., vol. 9, no. 1, pp. 69–78, 2019.
[7] N. Africano, A. S. Rodrigues, and G. Santos, “The Main Benefits of the Implementation of the Quality Management System in Higher Education Institutions in Angola,” Qual. Innov. Prosper. / Kval. INOVÁCIA Prosper. 23/3, vol. 1745, pp. 122–136, 2019.
[8] A. Purwanto, Y. Cahyono, and P. Suryani, “Dampak PEFC, FCS dan ISO 38200 Terhadap Peningkatan Daya Saing Industri Kayu,” J. Penelit. Ilmu Manaj., vol. 5, no. 2, pp. 97–112, 2020.
[9] E. C. Tangradi and J. Rahardjo, “Perancangan Implementasi ISO 9001 : 2015 di PT. Wellgan Gemilang,” J. Titra, vol. 6, no. 2, pp. 349–356, 2018.
[10] C. Maharani, “Sistem Manajemen Mutu ISO 9000 Sebagai Alat Peningkatan Kualitas Organisasi Pelayanan Kesehatan,” J. Kesehat. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 40–47, 2009.
[11] B. Celik and Ö. H. Ölçer, “What is the Contribution of ISO 9001 Quality Management System to Educational Institutions ?,” Int. J. Acad. Researc Bus. Soc. Sci., vol. 8, no. 6, pp. 445–462, 2018.
[12] L. Bravi, F. Murmura, and G. Santos, “The ISO 9001 : 2015 Quality Management System Standard : Companies ’ Drivers , Benefits and Barriers to Its Implementation,” Qual. Innov. Prosper. / Kval. INOVÁCIA Prosper. 23/3, vol. 1745, pp. 64–82, 2019.
[13] A. Douglas, S. Coleman, and R. Oddy, “The case for ISO 9000,” TQM Mag., vol. 15, no. 5, pp. 316–324, Jan. 2003

Downloads

Published

2022-02-04

How to Cite

Purnamasari, E. D., & Kristina, F. (2022). PENDAMPINGAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 1(1), 39–50. Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/740