BAHAYA KOSMETIK DENGAN KANDUNGAN MERKURI DAN EDUKASI PENGGUNAAN KOSMETIK YANG AMAN

Authors

Keywords:

kosmetik, kulit, merkuri, edukasi

Abstract

Kosmetik telah menjadi bagian kehidupan manusia sejak zaman dahulu. Kosmetik digunakan secara luas baik untuk kecantikan maupun untuk kesehatan. Pemakaian kosmetik sendiri diperlukan oleh semua orang, khususnya wanita, karena ingin tampil cantik adalah hal yang alami bagi wanita. Pada saat ini, banyak beredar kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan tersebut antara lain merkuri, Pemakaian merkuri dapat menimbulkan berbagai hal, antara lain perubahan pada warna kulit, yang kemudian bisa mengakibatkan bintik-bintik hitam pada kulit atau yang sering disebut dengan flek hitam, alergi, iritasi kulit, dan dapat menyebabkan kanker kulit pada manusia. Berdasarkan hasil analisis situasi dan diskusi dengan dapat dirumuskan beberapa masalah, yaitu banyaknya kosmetik yang mengandung bahan merkuri melebihi batas ketentuan yang diperbolehkan, kurangnya pengetahuan tentang kandungan dan konsentrasi dari kosmetik yang beredar sehingga berpotensi membahayakan dan penggunaan kosmetik yang aman dan sesuai ketentuan untuk mendapatkan manfaat dari kosmetik. Solusi yang ditawarkan memberikan informasi tentang bahayanya zat merkuri dan batas penggunaannya dalam kosmetik, memberikan pelatihan dalam menentukan kandungan dan konsentrasi dalam kosmetik dan memberikan edukasi tentang penggunaan kosmetik yang aman. Metode pelaksanaan dengan edukasi dan pelatihan yang sebelumnya diberikan soal pretest dan setelahnya postest untuk mengukur peningkatan pengetahuan dan pemahaman melalui pengabdian masyarakat.

Author Biographies

Noval Noval, Universitas Sari Mulia

Program Studi Sarjana Farmasi, Fakultas Kesehatan, Universitas Sari Mulia, Indonesia

Siti Malahayati, Sari Mulia University

Pharmacy Department

Setia Budi, Sari Mulia University

Pharmacy Department

Mayna Mayna, Sari Mulia University

Pharmacy Department

References

Amalia. D.S. (2011). Gambaran Pengetahuan Dampak Penggunaan Kosmetik Pemutih Terhadap Kesehatan Kulit pada Ibu-ibu di Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2010. Skripsi.
Azhara; Nurul Khasanah (2011). Waspada Bahaya Kosmetik. Jakarta. FlashBooks.
Haryono, I. A., Noval, N., & Nugraha, B. (2021). Formulasi Buah Tampoi (Baccaurea macrocarpa) dalam Sediaan Masker Gel sebagai Antiaging. Jurnal Surya Medika (JSM), 6(2), 102-110.
Noval, N., Nastiti, K., Nugraha, D. F., Rahmadani, R., & Alawiyah, T. (2020). PRODUK INOVASI HAND SANITIZER DARI AKAR BAJAKAH SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DI MASA PANDEMI COVID-19. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 305-312.
Noval, N., Nugraha, D. F., Nastiti, K., Syahrina, D., & Novia, N. (2021). Local Natural Product Development in the Era of Covid 19 Pandemic. Indonesia Berdaya, 2(2), 133-140.
Noval, N., Malahayati, S., Audina, M., Khadijah, D., Ain, F. N., Faisal, M. R., ... & Marhani, S. (2022). Pembuatan Sabun Cair dari Beras untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat yang Terdampak Pandemi Covid-19. Indonesia Berdaya, 3(1), 47-52.
Noval, N., & Harliantika, Y. (2021). Formulation and Evaluation Hydrogel of Agarwood Leaf (Aquilaria malacensis Lamk.) Extract Ethanol with Combination Carbopol 940 and HPMC K4M. Journal of Pharmaceutical Care Anwar Medika (J-PhAM), 3(2), 55-70.
Noval, N., & Malahayati, S. (2021). TEKNOLOGI PENGHANTARAN OBAT TERKENDALI.
Ratnadita, Adelia. (2012). Hampir 50% Kasus Penyakit Kulit Disebabkan Produk Kosmetik. http://www.ikatanapotekerindonesia.net diakses pada tanggal 20 Desember 2021 jam 11.50 WIB.

Downloads

Published

2022-02-04

How to Cite

Noval, N., Malahayati, S., Budi, S., & Mayna, M. (2022). BAHAYA KOSMETIK DENGAN KANDUNGAN MERKURI DAN EDUKASI PENGGUNAAN KOSMETIK YANG AMAN. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 1(1), 51–58. Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/741

Most read articles by the same author(s)