PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT GUDANG HIRANG RT.04 MENGENAI “BAHAYA HIPERTENSI”

Authors

  • Sarifah Laila Sari Mulia University
  • Shofa Amelia Sari Mulia University
  • Umi Kalsum Sari Mulia University
  • Adam Ferdian Sari Mulia University
  • Rina Saputri Sari Mulia University

Keywords:

Hipertensi

Abstract

Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang banyak ditemukan di masyarakat khususnya pada masyarakat Kalimantan Selatan. Penderita hipertensi di Kalimantan Selatan mencapai 32,67 % dan termasuk dalam 10 daerah yang prevalensi penderita hipertensinya tertinggi khususnya kota Banjarmasin jumlah penderita hipertensi berjumlah 11.710 penderita dan pada tahun 2012 berjumlah 16.234 penderita. Dari hasil observasi yang telah kami lakukan di desa Gudang Hirang RT.04, memiliki 88 KK dan memiliki persentase ibu rumah tangga 61,1%, buruh pabrik 7,3%, tukang 4,9%, aparatur desa 4,9%, 4,9%, petani 4,5%, bengkel 4,5% dan swasta 4,9%. Adapun persentase penyakit terbanyak adalah hipertensi 45%, banjir 32%, dan lainnya 23%. Banyaknya penderita hipertensi ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bagaimana pengatasan penyakit tersebut. Sehingga perlu dilakukannya penyuluhan atau edukasi pada masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui kegiatan edukasi di Desa Gudang Hirang pada warga RT.04 tentang bahaya hipertensi, Hasil dari kegiatan yang diikuti oleh 12 masyarakat diketahui responden tersebut dapat memahami terkait hasil pemaparan dari materi edukasi dan pelatihan. Hal ini dilihat dari hasil sebelum Pre-test dan sesudah Post-test tingkat pengetahuan masyarakat mengalami peningkatan sebesar 33,33% yang awalnya kurang mengetahui terkait bahaya hipertensi.

References

Hernawati, S. (2017). Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kesehatan Kuantitatif dan Kualitatif (1 ed.). Ponorogo: Forum Illmiah Kesehatan.

Kesehatan, D. (2011). Jumlah Penderita Penyakit Hipertensi. Banjarmasin: Kementrian Kesehatan.

Notoadmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (1 ed.). Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Physician, A. F. (2014). JNC 8 Guidelines for the Management of Hypertension. Journal of the American Medical Association.

Downloads

Published

2022-02-07

How to Cite

Laila, S., Amelia, S., Kalsum, U., Ferdian, A., & Saputri, R. (2022). PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT GUDANG HIRANG RT.04 MENGENAI “BAHAYA HIPERTENSI”. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 1(1), 158–164. Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/769