EDUKASI DAN PELATIHAN PEMBUATANAN JAMU TANAMAN HERBAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH MASYARAKATA DI DESA GUDANG HIRANG RT 4 KECAMATAN SUNGAI TABUK

Authors

  • Wina Annisa
  • Ranita Amalia Larasaty
  • Zellin Eldina Gunawan
  • Siti Mutaharah
  • Rodhiatul Romadhina
  • Rina Saputri

Keywords:

Covid 19, Imunitas, Penyuluhan, Jamu.

Abstract

Covid 19 merupakan masala kesehatan yang sangat diwaspadai, dapat membuat derajat kesehatan mengalami penurunan yang sangat signifikan, sehingga perlu menerapkan gerakan 5 M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas). Selain gerakan 5 M hal yang dapat dilakukan dengan upaya peningkatkan imunitas tubuh yaitu dengan mengonsumsi suplemen,vitamin dan obat tradisional (jamu). Jamu merupakan minuman kesehatan tradisional yang dapat dimanfaatkan dengan berbagai khasiat dan keamanannya dalam meningkatkan imunitas disaat pandemi covid 19. Tanaman obat yang jumlahnya sangat banyak dapat dimanfaatkan untuk imunitas tubuh yang tumbuh di sekitar kita,terutama di Desa Gudang Hirang RT 4. Namun masyarakat setempat masih banyak belum mengetahui manfaat dari tanaman tersebut dalam meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga upaya yang dilakukan yaitu dengan cara edukasi pengolahan jamu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Metode yang digunakan berupa edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat setempat, sehingga dapat digunakan dan disebarluaskan ke seluruh masyarakat desa dalam membuat racikan jamu guna meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi kepada masyarakat terutama di Desa Gudang Hirang RT 4. Penyuluhan ini mengacu pada cara pembuatan jamu dari tanaman temulawak dan kunyit. Hasil yang didapatkan setelah edukasi dengan penyuluhan sesuai dengan yang diharapkan yaitu meningkatnya pemahaman masyarakat, mampu membuat olahan jamu dirumah dan menyukai obat tradisonal dengan rasa yang enak dan pembuatan yang bersih.

References

[1] Burhanuddin, A, I., Massi, M, N., Thahir, H., Razak, A., & Surungan, T. (2020). Merajut Asa Di Tengah Pandemi Covid19. (Pandangan Akademisi UNHAS).
[2] RI), B. P. (2020). Badan POM Dukung Jamu Jadi Pilihan Utama Untuk Kesehatan Bangsa. Jakarta : Badan Pengawasan Obat dan Makanan.
[3] RI, D. K. (2012). Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 006 Tahun 2012 Tentang Industri dan Usahan Obat Tradisional. Jakarta: Depertemen Kesehatan RI.
[4] RI, K. (2015). Pembuatan Jamu Segar yang Baik dan Benar . https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
[5] RI, K. K. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalin Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.299.
[6] World Health Organization (WHO). (2010). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Situation Report-l. Indonesia: World Health Organization.
[7] Yuniarto, T. (2021 ). Penggunaan Obat Herbal Pada Masa Pandemi Covid-19. KOMPASpedia. https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/penggunaan obat-herbal-pada-masa-pandemi-covid-19.

Downloads

Published

2022-02-08

How to Cite

Annisa, W., Larasaty, R. A., Gunawan, Z. E., Mutaharah, S., Romadhina, R., & Saputri, R. (2022). EDUKASI DAN PELATIHAN PEMBUATANAN JAMU TANAMAN HERBAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH MASYARAKATA DI DESA GUDANG HIRANG RT 4 KECAMATAN SUNGAI TABUK. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 1(1), 165–171. Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/771