EDUKASI TANDA DAN GEJALA COMPUTER VISSION SYNDROME (CVS) PADA MAHASISWA/I KEPERAWATAN SEMESTER VII STIKES SUAKA INSAN BANJARMASIN

Authors

  • Oktovin Oktovin STIKES Suaka Insan Banjarmasin
  • Utomo Wicaksono STIKES Suaka Insan Banjarmasin
  • Wendelinus Imus STIKES Suaka Insan Banjarmasin

Keywords:

Computer Vission Syndrome (CVS), Mahasiswa/I Keperawatan, Penyuluhan Kesehatan

Abstract

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang diterapkan perguruan tinggi pendidikan keperawatan di Indonesia menuntut mahasiswa untuk aktif selama proses pembelajaran. Smartphone dan komputer merupakan hal yang lazim digunakan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan fitur dalam perangkat lunak tersebut memudahkan mahasiswa untuk mencari dan mengolah materi yang diperlukan. Akan tetapi, tingginya penggunaan smartphone dan komputer menjadikan mahasiswa/I Keperawatan terutama tingkat akhir beresiko terhadap masalah Computer Vission syndrome (CVS), dimana penderitanya mengalami beberapa gejala gangguan penglihatan. Untuk mencegah dan mengatasi masalah ini , peningkatan pengetahuan menjadi salah satu tujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang CVS, sebagai dasar merubah perilaku dalam menjaga kesehatan mata kedepannya. Peningkatan pengetahuan dilaksanakan melalui kegiatan penyuluhan kesehatan dengan metode ceramah dan penyebaran leaflet. Kegiatan penyuluhan dengan metode ceramah dan penyebaran leaflet dinilai efektif digunakan dala upaya meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang Computer Vision Syndrome (CVS).

References

[1] Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI). 2016. Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia. Jakarta: Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).

[2] Alma, S., & Asniar. 2019. Faktor Resiko Computer Vision Syndrome Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Syiah Kuala. JIM FKEP, 4(1), 128-135. Retrieved from http://jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/view/12079/4989
[3] Darmaliputra, K., & Dharmadi, M. 2019. Gambaran Faktor Resiko Individual Terhadap Kejadian Computer Vision Syndrome Pada Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana Tahun 2015. E-Jurnal Medika, 8(1), 95-102. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/50193/29877
[4] Atalhi, A. A., Khayyat, W., Khojah, O., Alsalmi, M., & Almarzouki, H. 2020. Computer Vision Syndrome Among Health Sciences Students in Saudi Arabia: Prevelande and Risk Factors. Cureus, 12(2), 1-6. doi:10.7759/cureus.7060
[5] Logaraj, M., Madhupriya, V., & Hedge, S. 2014. Computer Vision Syndrome and Associated Factors Among Medical and Engineering Students in Chennai. Annals od Medical and Health Sciences Reserach, 4(2), 179-185. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3991936/pdf/AMHSR-4-179.pdf
[6] Patil, A., Bhavya, Chaudhury, S., & Srivastava, S. 2019. Eyeing Computer Vision Syndrome : Awareness, Knowledge, and Its Impact on Sleep Quality Among Medical Students. Ind Psychiatry J, 28(1), 68-74. doi:10.4103/ipj.ipj_93_18

[7] Patil, A., Bhavya, Chaudhury, S., & Srivastava, S. 2019. Eyeing Computer Vision Syndrome : Awareness, Knowledge, and Its Impact on Sleep Quality Among Medical Students. Ind Psychiatry J, 28(1), 68-74. doi:10.4103/ipj.ipj_93_18
[8] Notoadmodjo. 2010. Promosi Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
[9] Suharti, S., & Surmiasih. 2015. Rendahnya Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Sebagai Penyebeb Perilaku Seks Bebas Pada Remaja. Media Neliti. Retrieved from Media Neliti: https://media.neliti.com/media/publications/195288-ID-rendahnya-pengetahuan-kesehatan-reproduk.pdf

[10] Moon, H., & Hyun, H. S. 2019. Nursig Students'Knowledge, Attitude, Self-Efficacy in Blended Learning of Cardiopulmonary Resuscitation: A Randomized Controlled Trial. BMC Med Educ, 19(1), 414. doi:10.1186/s12909-01901848-8.

[11] Potisomporn, P., Sukarawan, W., & Sriarj, W. 2019. Oral Health Education Improve Oral Health Knowledge, Attitudes, And Plaque Scores in Thai Thrid-Grade Students: A Randomised Clinical Trial. Oral Health Prev Dent, 17(6), 523-531. doi:10.3290/j.ohpd.a44752

Downloads

Published

2022-02-07

How to Cite

Oktovin, O., Wicaksono, U., & Imus, W. (2022). EDUKASI TANDA DAN GEJALA COMPUTER VISSION SYNDROME (CVS) PADA MAHASISWA/I KEPERAWATAN SEMESTER VII STIKES SUAKA INSAN BANJARMASIN. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 1(1), 219–226. Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/786