MOTIF DAN MOTIVASI MELAKUKAN OLAHRAGA REKREASI FUN FOOTBALL UNTUK MENJAGA KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rizqi Musampa Universitas Sebelas Maret
  • M. Furqon Hidayatullah Universitas Sebelas Maret
  • Slamet Riyadi Universitas Sebelas Maret
  • Slamet Riyadi Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Motif, Motivasi, Olahraga Rekreasi, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dan motivasi melakukan olahraga rekreasi fun football untuk menjaga kesehatan pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilaksanakan dalam empat tahap yaitu: tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pandemi covid-19  yang terus berlangsung dewasa ini menyebabkan berbagai macam dinamika dalam masyarakat, termasuk meningkatnya kesadaran akan kesehatan dan pentingnya imunitas atau daya tahan atau daya kekebalan tubuh terhadap penyakit atau virus yang kemudian mengakibatkan seseorang untuk menjadi mau tidak mau untuk menggerakkan tubuhnya sehingga memilih mencari sesuatu yang sederhana, sehingga aktivitas fisik seseorang menjadi meningkat dengan berharap tubuh menjadi lebih sehat, bugar dan memiliki imunitas yang tinggi. Disamping itu gaya hidup new normal juga seharusnya menjadi suatu gaya hidup baru di kala pandemi covid-19 dan protokol kesehatan seharusnya diberlakukan dalam melakukan aktivitas olahraga supaya tetap bugar dan terhindar dari virus covid 19. Salah satu olahraga rekreasi kelompok yang dapat dilaksanakan adalah bermain sepakbola. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan beraktivitas bermain sepakbola, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Bermain sepakbola bisa membuat badan kita sehat karena bermain sepakbola melatih otot tubuh menjadi lebih kuat, denyut jantung lebih sedikit namun cardiac output besar, istirahat menjadi lebih berkualitas. Akan tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan adalah protokol kesehatan seperti mengecek suhu sebelum aktivitas, membersihkan tangan dengan sabun atau dengan hand sanitizer, menjaga jarak dan memakai masker dengan benar

References

Ardi Sulata, M. and Aziz Hakim, A. (2020) ‘Gambaran Perkuliahan Daring Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Unesa Di Masa Pandemi Covid - 19’, Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(3), pp. 147–156.
Ardiyanto, A. et al. (2020) ‘Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Status Kebugaran Jasmani di Era Pandemi Covid-19 Dosen PGSD’, Jendela Olahraga, 5(2), pp. 131–140.
Deddy Whinata Kardiyanto (2020) ‘Dampak pandemi covid-19 terhadap event olahraga dan sosial ekonomi masyarakat’, Seminar Nasional Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains, 1(1), pp. 98–100.
Hadi, F. K. (2020) ‘Aktivitas Olahraga Bersepeda Masyarakat Di Kabupaten Malang Pada Masa Pandemi Covid-19’, Sport Science and Education Journal.
Kasriman (2017) ‘Motivasi Masyarakat Melakukan Olahraga Rekreasi’, Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), pp. 72–78.
Prastyo, N. E., Saichudin, S. and Kinanti, R. G. (2014) ‘Pola Hidup Sehat Dan Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Negeri’, Jurnal Sport Science, 4(1), pp. 49–53.
Rinaldi, M. R. and Yuniasanti, R. (2020) ‘Kecemasan Pada Masyarakat Saat Pandemi COVID-19 di Indonesia’, in COVID-19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif, pp. 137–150.
Syahruddin, S. (2020) ‘Kebugaran Jasmani Bagi Lansia Saat Pandemi Covid-19’, JUARA : Jurnal Olahraga, 5(2), pp. 232–239. doi: 10.33222/juara.v5i2.943.
Wijayanto, S. et al. (2020) ‘Aktivitas di Sekolah Diliburkan saat Pendemi Covid-19: Bagaimana Pembelajaran yang Dilakukan?’, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. doi: 10.21067/jbpd.v4i2.4461.

Downloads

Published

2022-02-13

How to Cite

Musampa, R., Hidayatullah, M. F., Riyadi, S., & Riyadi, S. (2022). MOTIF DAN MOTIVASI MELAKUKAN OLAHRAGA REKREASI FUN FOOTBALL UNTUK MENJAGA KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 1(1), 316–323. Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/806