Peningkatan Keterampilan Masyarakat Untuk Melakukan Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar

Authors

  • Elvine Ivana Kabuhung Universitas Sari Mulia
  • Istiqomah Istiqomah Universitas Sari Mulia

Keywords:

Cuci tangan, baik dan benar.

Abstract

Tangan adalah salah satu penghantar utama masuknya kuman penyakit ke tubuh manusia. Mencuci tangan adalah kegiatan membersihkan bagian telapak, punggung tangan, jari dan kuku jari. Tujuannya agar bersih dari kotoran dan membunuh kuman penyebab penyakit dapat yang merugikan kesehatan. Cuci tangan dengan sabun dapat menghambat masuknya kuman penyakit ke tubuh manusia melalui perantaraan tangan. Kuman penyakit seperti virus dan bakteri tidak dapat terlihat secara kasat mata sehingga sering diabaikan dan mudah masuk ke tubuh manusia. Hampir semua orang mengerti pentingnya cuci tangan pakai sabun namun tidak membiasakan diri untuk melakukannya dengan benar. Kegiatan peragaan cuci tangan yang baik dan benar dilakukan dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana melakukan cuci tangan yang baik dan benar. Metode yang dilakukan pada kegiatan peragaan cuci tangan dengan baik dan benar dilakukan dengan cara memperagakan langkah-langkah cuci tangan dan diikuti oleh semua peserta. Hasil dari kegiatan ini adalah tercapainya peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya pencegahan infeksi dengan cuci tangan. Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kemampuan kepada masyarakat tentang cara cuci tangan yang baik dan benar. Peragaan cuci tangan ini merupakan cara untuk menggerakkan peran masyarakat untuk dapat peduli terhadap kesehatan dirinya sendiri.

References

[1] Rifai, Rahmawati. Wahab, Abdul. Prabandari, Yayi Suryo. 2016. Kebiasaan Cuci Tangan Ibu dan Kejadian Diare Anak: Studi di Kutai Kartanegara. Berita Kedokteran Masyarakat (BKM Journal of Community Medicine and Public Health), Volume 32, Nomor 11, Halaman 409 – 414.
[2] Kementrian Kesehatan RI. 2014. Pusat Data dan Informasi “Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia”. Jakarta Selatan.
[3] RS Kartika Kasih. 6 Langkah Cuci Tangan Menurut WHO. Diakses melalui http://kasih-group.com/id

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Peningkatan Keterampilan Masyarakat Untuk Melakukan Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar. (2022). Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 1(1), 332-336. https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/826

Similar Articles

1-10 of 191

You may also start an advanced similarity search for this article.