Peningkatan Pengetahuan Wanita Dalam Mencegah Kanker Serviks

Authors

  • Elvine Ivana Kabuhung Universitas Sari Mulia
  • Susanti Suhartati Universitas Sari Mulia

Keywords:

Wanita, kanker serviks, pencegahan.

Abstract

Kanker serviks adalah penyakit ganas yang menyerang organ reproduksi wanita. Kanker serviks adalah kanker tertinggi pada wanita di Indonesia. Salah satu ciri kanker serviks yang paing sering dijumpai adalah perdarahan. Namun terjadinya perdarahan pada serviks umumnya menandakan tingkat keganasan kanker serviks yaitu berada pada stadium lanjut. Oleh karena itu, deteksi kanker serviks tidak dapat diukur dari terjadinya perdarahan atau tidak namun perlu pemeriksaan klinis pada serviks itu sendiri. Deteksi kanker serviks adalah salah satu upaya pencegahan terjadinya kanker serviks pada wanita.semakin dini terdeteksi adanya kelainan pada serviks, maka semakin cepat pula tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, usia harapan hidup pun akan mengalami peningkatan. Pentingnya melakukan pencegahan sejak dini mengharuskan wanita mengetahui pencegahan tersebut. Setiap wanita harus melakukan pencegahan terhadap kanker serviks karena semua wanita beresiko mengalami kanker serviks. Kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan edukasi pencegahan kanker serviks pada wanita. Peserta dalam kegiatan ini adalah wanita di Desa Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Hasil dari kegiatan ini adalah tercapainya peningkatan pengetahuan wanita tentng pencegahan kanker serviks. Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan kepada wanita untuk melakukan pencegahan sedini mungkin. Edukasi ini merupakan cara untuk menggerakkan peran serta masyarakat khususnya wanita untuk dapat peduli terhadap kesehatan reproduksinya.

References

[1] Mock. J, Stephen. J, Nguyen, Wong. C, Doan. H, Lai. K, Nguyen. And Bui-Tong. N. 2007. Effective Lay Health Worker Outreach And Media Based Education For Promoting Cervical Cancer Screaning Among Vietnamese American Women. Pubmed Central 2007 September. 97 (9) ; 1693-1700.

[2] Rasjidi, Imam. (2007) Panduan Penatalaksanaan Kanker Ginekologi : Berdasarkan Evidence Based. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran.

[3] Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehaatan (2013) Riset Kesehatan Dasar. Jakarta : DEPKES RI.

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Kabuhung, E. I., & Suhartati, S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Wanita Dalam Mencegah Kanker Serviks. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 1(1), 349–352. Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/828

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>