Peningkatan Kemampuan Wanita Dalam Memanfaatkan Tanaman Obat Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Di Masa Pandemi

Authors

  • Elvine Ivana Kabuhung Universitas Sari Mulia
  • Novalia Widya Ningrum Universitas Sari Mulia

Keywords:

wanita, tanaman obat, kekebalan tubuh.

Abstract

Wanita adalah aset suatu bangsa. Salah satu cara menjaga aset bangsa adalah dengan menjaga kesehatannya. Kesehatan wanita harus terjaga dengan baik karena melalui wanitalah akan lahir generasi-generasi penerus bangsa. Kesehatan reproduksi wanita harus sangat diperhatikan. Dalam masa pandemi COVID-19, banyak wanita hamil yang tidak dapat memeriksakan kehamilannya dengan aman, bersalin dengan aman, dan mendapatkan pelayanan keseahatan dengan aman, bahkan banyak wanita yang juga menderita penyakit COVID-19. Langkah awal untuk dapat meningkatkan kesehatan adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh yaitu dengan memanfaatkan tanaman obat yang dapat dengan mudah dijumpai oleh masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya edukasi pada masyakarat khususnya wanita terkait pemanfaatan tanaman obat. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada wanita tentang pemanfaatan tanaman obat untuk meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi. Adapun metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah pemaparan materi, diskusi dan tanya jawab, feed back yang dilaksanakan secara online dengan sasaran adalah wanita. Hasil dari kegiatan ini adalah wanita dapat mengetahui cara meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemic dengan memanfaatkan tanaman obat. Masyarakat yang sehat berawal dari masyarakat yang mandiri yaitu menyadari dengan kebutuhna kesehatannya.

References

[1] Wikipedia. 2020. Coronavirus. Diakses melalui https://en.m.wikipedia.org/wiki/Coronavirus

[2] WHO. 2020. Weekly Epidemiological Update on COVID-19. Diakses melalui Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) Revisi 4. Jakarta: Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

[3] Informasi-informasi tadi didapatkan dari Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) Revisi 4 yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI pada bulan Maret 2020.

[4] Kemenkes RI. 2020. Media Informasi Resmi Terkini Penyakit Infeksi Emerging. Diakses melalui https://infeksiemerging.kemkes.go.id/

[5] Restuliani, Ni Kadek. Suwantara, I Putu Tangkas. Antari, Ni Putu Udayana. 2021. Tanaman Obat yang Digunakan untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh di Desa Ketewel. Jurnal Integrasi Obat Tradisional, Volume 1, Nomor 1, Halaman 38 – 44.

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Peningkatan Kemampuan Wanita Dalam Memanfaatkan Tanaman Obat Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Di Masa Pandemi. (2022). Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 1(1), 341-344. https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/830

Similar Articles

1-10 of 63

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>