PENINGKATAN PENGETAHUAN PELAJAR DAN MAHASISWA DALAM KESEHATAN MATA DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI EDUKASI KESEHATAN MATA
Kata Kunci:
covid-19, edukasi, kesehatan mata dan pengetahuan.Abstrak
Proses belajar mengajar berbasis online di semua tingkat pendidikan menjadi kegiatan rutin sejak 2019 di karenakan pandemi covid-19. Durasi yang lama dalam proses pembelajaran dan menggunakan gadget dapat memberikan dampak negatif pada mata. Tujuan pengabdian .kesehatan masyarakat (PKM) ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan pelajar dan mahasiswa dalam kesehatan mata di masa pandemi covid-19 melalui edukasi kesehatan mata. Metode PKM ini dilaksanakan melalui kegiatan webinar dihadiri 68 peserta dan materi kesehatan mata di berikan dalam 3 sesi. Sesi pertama yaitu memberikan materi mengenai kesehatan mata menggunakan media power point, memberikan materi tentang posisi yang baik saat belajar daring dengan menampilkan video pada sesi dua, dan sesi ketiga adalah memberikan pendidikan tentang menjaga kesehatan mata dengan cara melakukan senam mata melalui video senam mata dan demonstrasi senam mata bersama sama peserta. Evaluasi dilakukan dengan pengukuran tingkat pengetahuan sebelum dan setelah edukasi kesehatan mata dengan cara memberikan kuesioner melalui platform google forms yang terdiri dari 20 pernyataan. Hasil edukasi kesehatan mata didapatkan bahwa nilai pretest rerata 59 dan nilai posttest rerata 76. Hasil uji T test didapatkan adanya peningkatan pengetahuan sebelum dan setelah diberikan edukasi kesehatan mata dengan nilai p 0.001. Edukasi kesehatan mata melalui kegiatan webinar dapat meningkatkan pengetahuan pelajar dan mahasiswa tentang kesehatan mata. Kegiatan ini sangat relevan dilakukan di masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan pengetahuan dan kesehatan mata pada pelajar dan mahasiswa dikarenakan pembelajaran dilakukan secara online.
Â
Referensi
Pribakti, B. (2019) ‘Jurnal-Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata’.
Riyana, C. (2012) Media pembelajaran. KEMENAG RI.
Winanti, R., Purwanto and Khuriyah (2021) ‘Model Manajemen Pembelajaran Dari Rumah Untuk Pendidikan Berkarakter (Studi Pada TK Islam Makarima Dan TK Inklusi Saymara Sukoharjo)’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), pp. 648–660.