P Perancangan Dan Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (4P) Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk ‘’Rojo Karaq’’ Delanggu

Penulis

  • Damar Arya Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret
  • Dyah Ayu Suryaningrum Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret
  • Cahya Desvia Arya Santoso Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret
  • Dame Natalia Sitorus Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret
  • Latifah Nigita Dewi Sekolah Vokasi , Universitas Sebelas Maret
  • Yoga Dwi Saputra Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Kata Kunci:

: menir, rojolele, 4P, pemasaran pengemasan

Abstrak

Potensi menir (beras pecah) dari hasil samping penggilingan padi Rojolele di Desa Delanggu diolah menjadi produk karak tanpa boraks oleh kelompok wanita tani Sanggar Rojolele. Meskipun memiliki kualitas produk yang unik serta telah dikenal sebagai produk premium, namun perlu adanya inovasi dalam pengemasan dan strategi pemasaran agar produk ini dapat bersaing secara lebih efektif di pasar yang semakin kompetitif. Tim MBKM D3 Agribisnis Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret mengadakan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok wanita tani yang tergabung dalam Sanggar Rojolele. Tujuannya adalah untuk memberikan solusi, evaluasi, serta perbaikan terhadap permasalahan yang dihadapi oleh kelompok wanita tani Desa Delanggu sebagai langkah dalam memperpanjang usia produk melalui packaging yang baik dan menarik sehingga dapat meningkatkan daya saing produk ke pasar yang lebih luas. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah Participatory Rural Appraisal (PRA). Tahapan pelaksanaan kegiatan antara lain, sosialisasi pelatihan, analisis strategi pemasaran 4P, pendampingan, serta evaluasi melalui survei kepuasan konsumen terhadap produk karak Rojolele sebagai dasar untuk melakukan penyempurnaan keberlanjutan produk. Melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan dari Tim MBKM D3 Agribisnis Sekolah Vokasi UNS, kelompok wanita tani Desa Delanggu saat ini dapat meningkatkan kualitas kemasan dan mengembangkan strategi pemasaran (4P) produk karak Rojolele dengan lebih terarah. Melalui rebranding packaging, penetapan harga kompetitif, diversifikasi produk, dan promosi online, penjualan langsung dan online, produk Rojo Karaq dapat menjangkau pasar yang lebih luas

Referensi

Ardhanari, M., & Nugrohadi, G. E. 2022. Pendampingan packaging dan branding pada UMKM produk khas olahan hasil laut di Kelurahan Sukolilo Baru-Kenjeran, Surabaya. J. Pengabdian Masyarakat Applied, 1(1), 18-24.

Churiyah, M., Arief, M., Sholikhan, N., & Dharma, B. 2022. Pemberdayaan kelompok usaha baby fish crispy Desa Mulyoagung Ngantang Kab. Malang. Prima Portal Riset dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(4), 133-140. https://doi.org/10.55047/prima.v1i4.347.

Ernawati, I., & Setiawaty, D. 2021. Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIID di SMP Negeri 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. J. Bimbingan dan Konseling, 5(2), 220-225.

Haryanti, T. 2021. Itikad baik dalam perjanjian jual beli dengan metode pembayaran Cash on Delivery. J. Ilmiah Penegakan Hukum, 8(2), 113-120.

Miati, I. and Tresna, P. (2020). Bauran pemasaran pada batik gendheis Kota Banjar. Adbispreneur, 5(2), 129. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i2.26538.

PERMENKES RI No. 33 tahun 2012. 10 Januari 2024. https://www.regulasip.id/book/4957/read.

Sofiah, M., Ramadhani, S., Rahmani N. A. B. 2023. Analisis pengaruh bauran pemasaran 4p (product, price, promotion, and place) terhadap keputusan pembelian pada usaha mikro kecil menengah (UMKM). J. Riset Ekonomi dan Bisnis, 16(2), 122-141.

Yolanda., Wijanarko, D. H. 2018. Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian air minum merek aqua serta implikasinya terhadap citra merek di fakultas ekonomi Universitas Borobudur. J. Manajemen, 6(1), 93.

Zulkifli, L., Sasmitha, L. D., Qomaria, A. et al. 2021. Pemberdayaan UMKM melalui inovasi rasa, pengemasan serta pemasaran guna meningkatkan daya saing “kripik singkong” Desa Langko di era industry 4.0. J. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 140-144.

Diterbitkan

2024-02-15

Cara Mengutip

Arya, D., Suryaningrum, D. A., Santoso, C. D. A., Sitorus, D. N., Dewi, L. N., & Saputra, Y. D. (2024). P Perancangan Dan Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (4P) Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk ‘’Rojo Karaq’’ Delanggu. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 3(1), 135–148. Diambil dari https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/1216