Peningkatan Keterampilan Remaja Putri Dalam Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)

Authors

  • Elvine Ivana Kabuhung Universitas Sari Mulia
  • Novalia Widya Ningrum Universitas Sari Mulia

Keywords:

Remaja putri, sadari.

Abstract

Payudara pada wanita dapat mengalami gangguan jika tidak dilakukan perawatan dengan rutin. Gangguan/ masalah tersebut berupa tumor jinak maupun tumor ganas pada payudara yaitu Fibro Adenoma Mammae (FAM) ataupun Kanker Payudara. Masalah tersebut dapat dideteksi lebih awal jika wanita rutin melakukan pemeriksaan pada payudaranya. Deteksi dini adalah cara paling efektif untuk terhindar dari permasalah khususnya permasalah payudara. Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) adalah salah satu cara deteksi dini gangguan/ masalah pada payudara. Pemeriksaan ini sangat membantu mendeteksi adanya masalah pada payudara sehingga masalah dapat lebih cepat ditangani. Kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan pelatihan SADARI pada remaja putri. Peserta dalam kegiatan ini adalah remaja putri di Kota Banjarmasin. Hasil dari kegiatan ini adalah tercapainya peningkatan keterampilan remaja putri dalam melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Dengan adanya kegiatan ini dapat melatih kemapuan remaja dalam melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dengan baik dan benar. Pelatihan ini merupakan cara untuk menggerakkan peran serta masyrakat untuk dapat peduli terhadap kesehatan dirinya sendiri.

References

[1] Wikipedia. 2018. Payudara. Diakses melalui https://id.wikipedia.org/wiki/Payudara

[2] Hamba, Ria Anggara. 2016. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) pada Wanita Usia Subur (WUS). Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Vol 7 No 2.

[3] Jannah, Muliatul. 2017. Tingkat Pengetahuan Remaja Puteri Tentang Sadari dalam Upaya Deteksi Dini Kanker Payudara di Pondok Pesantren Addainurriyah II Semarang. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Vol 8 No 1.

[4] Kemenkes RI. 2016. Enam Langkah SADARI untuk Deteksi Dini Kanker Payudara.

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Kabuhung, E. I., & Ningrum, N. W. (2022). Peningkatan Keterampilan Remaja Putri Dalam Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Tangguh, 1(1), 345–348. Retrieved from https://ocs.unism.ac.id/index.php/semnaspkm/article/view/831